Viral Parkir Rp 15 Ribu, Indomaret Tegaskan Biaya Parkir di Seluruh Cabang Gratis!

Lo pernah ngalamin hal serupa gak, Kawula Muda?

Ilustrasi Indomaret (UNSPLASH/FAWWAZ ALI)
Wed, 31 Aug 2022


PT Indomarco Prismatama atau Indomaret Group menegaskan bahwa parkir di seluruh cabang Indomaret tidak dipungut biaya alias gratis.

“Perlu kami luruskan bahwa Indomaret tidak pernah memungut biaya parkir kepada customer maupun non customer yang parkir di area parkir Indomaret, kami pun tidak mempekerjakan petugas/juru parkir,” tutur CRM Executive Director PT. Indomarco Prismatama, Gondo Sudjoni mengutip Kompas pada Rabu (31/08/2022).

Ilustrasi parkir di depan Indomaret (UNSPLASH/ERY PRIHANANTO)

  

Gondo pun menjelaskan bahwa petugas pemungut biaya parkir tersebut merupakan inisiatif dari warga sekitar. Padahal, Indomaret tidak mempekerjakan juru parkir yang menagih uang ke konsumen. 

Sebelumnya, viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan seorang pelanggan harus membayar biaya parkir di depan Indomaret Kemang. Sang pelanggan diketahui hanya membeli sebuah air minum seharga Rp 5.000. Namun, ia justru harus membayar biaya parkir hingga Rp 15.000.

"Bye the way gue kan parkir di Indomaret Kemang ya. Pas gue baru buka mobil si tukang parkir bilang 'mba bayar dulu'. Hah, berapa? 'Rp 15.000'. What? Gue yang norak apa tukang parkirnya kebangetan? Beli Aqua Rp 5.500 parkir Rp 15.000," tulis warganet dengan akun @Santi_Salwa83 dalam sebuah video TikTok, dikutip Rabu (31/08/2022).

Tangkapan layar keluhan salah satu warganet terkait biaya parkir di Indomaret (TIKTOK)

 

Menanggapi keluhan tersebut, pihak Indomaret pun meminta maaf kepada Santi. 

“Dalam kesempatan ini kami mohon maaf kepada akun @Santi_Salwa83 atas ketidaknyamanan yang dialami. Masukan dari customer menjadi perhatian kami untuk pelayanan yang lebih baik lagi," ujar Gondo Sudjoni.

Lebih lanjut, rupanya persoalan ‘pungutan liar alias pungli’ tersebut turut dibawa ke ranah hukum. Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Mampang Prapatan, Kompol Supriadi menjelaskan telah menangkap juru parkir tersebut. 

Walau begitu, juru parkir tersebut langsung dilepas usai diperiksa oleh kepolisian karena belum adanya laporan langsung dari sang pengendara. 

Berita Lainnya