10 Klub Sepak Bola dengan Pendapatan Tertinggi, Manchester City Nomor 1!

Kawula Muda simak di bawah ini!

Manchester City akan mendapat hukuman yang berat jika mereka tidak dapat membuktikan bahwa tuduhan dari Premier League keliru (REUTERS/Phil Noble)
Tue, 14 Mar 2023

Berbicara mengenai sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga paling populer saat ini memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, jika Kawula Muda membicarakan gaji pemain hingga keuntungan klub sepak bola, hal tersebut merupakan salah satu yang mencuri perhatian di dunia sepak bola.

Untuk itu, firma akuntansi terbesar dunia, Deloitte, merilis laporan Football Money League setiap tahunnya untuk melaporkan peringkat klub sepak bola dengan pendapatan tertinggi yang dihasilkan dari operasi sepak bola yang dirilis setelah berakhirnya musim di awal Februari setiap tahun.

Secara mengejutkan, Manchester City berhasil menduduki peringkat pertama sebagai klub sepak bola dengan pendapatan tertinggi, Kawula Muda. Hal ini menunjukkan bahwa Manchester City berhasil menjadi juara bertahan selama dua tahun berturut-turut.

Selebrasi Real Madrid usai menjuarai Piala Super Eropa 2022 (AP Photo)

Tidak hanya itu, laporan ini juga menegaskan dominasi Liga Inggris sebagai liga terkaya di dunia. Pasalnya, sebanyak enam tim asal Inggris berhasil masuk urutan 10 besar. Selain Manchester City ada pula Liverpool, Manchester United, Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Arsenal.

Berikut daftar lengkap 10 klub sepak bola dengan pendapatan tertinggi 2023 versi Deloitte:

1. Manchester City: 731 juta Euro (sekitar Rp 12,04 triliun)

2. Real Madrid: 713,8 juta Euro (sekitar Rp 11,75 triliun)

3. Liverpool: 701,7 juta Euro (sekitar Rp 11,55 triliun)

4. Manchester United: 688,6 juta Euro (sekitar Rp 11,34 triliun)

5. Paris Saint-Germain: 654,2 juta Euro (sekitar Rp 10,77 triliun)

6. Bayern Munich: 653,6 juta Euro (sekitar Rp 10,76 triliun)

7. FC Barcelona: 638,2 juta Euro (sekitar Rp 10,51 triliun)

8. Chelsea: 568,3 juta Euro (sekitar Rp 9,35 triliun)

9. Tottenham Hotspur: 523 juta Euro (sekitar Rp 8,6 triliun)

10. Arsenal: 433,5 juta Euro (sekitar Rp 7,1 triliun)

Seperti daftar di atas, menurut laporan Tim Bridge selaku lead partner di Deloitte's Sport Business Group, kesuksesan Tim sepak bola di Inggris tak lepas dari perbedaan pendapatan antara Liga Inggris dengan yang lain. Nilai hak siar yang didapat klub Premier League diketahui turut berperan besar, loh.

Deloitte menyebutkan, lima dari enam besar klub Liga Inggris mengalami peningkatan pendapatan sebesar 15 persen setelah dua musim Covid-19 berkat adanya kerja sama baru dengan pihak eksternal dan adanya acara non pertandingan, seperti konser dan tur stadion.
Selain itu, kembalinya para penggemar membuat pendapatan keseluruhan klub sejalan dengan tingkat sebelum pandemi.

"Premier League adalah satu-satunya di antara lima liga top Eropa yang mengalami peningkatan dalam nilai hak siar dalam penjualan terbaru. Mereka terus menarik jutaan pengikut global dan anggotanya memiliki keuntungan pendapatan yang lebih besar dari rival-rival di luar negeri," ujar Bridge.

Kawula Muda, itulah 10 klub sepak bola dengan pendapatan tertinggi versi Deloitte. Tim jagoan lo berhasil duduk di peringkat berapa?

Berita Lainnya