Akun Instagram Bek Thailand Hilang akibat Dihujat Netizen Indonesia

Keributan saat semifinal Sea Games 2021 berujung ditutupnya akun Instagram pemain Thailand.

Bek Thailand Jonathan Khemdee (kiri) saat dijatuhkan bek Indonesia Alfeandra Dewangga di semifinal SEA Games 2021 (REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)
Mon, 23 May 2022


Pertandingan semi final Sea Games sepak bola antara Indonesia U-23 melawan Thailand U-23 berlangsung sengit. Pemenang pertandingan bahkan baru bisa ditentukan setelah dua kali babak tambahan waktu. Thailand berhak lolos ke final usai kalahkan Indonesia dengan skor 1-0.

Dalam pertandingan tersebut sempat terjadi kericuhan. Bermula saat Thailand unggul, anak asuhan Mano Polking dianggap mengulur waktu demi mempertahankan keunggulan, hal ini sontak membuat pemain Indonesia geram.

Pada menit-menit terakhir babak tambahan waktu kedua, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Firza Andika diganjar kartu merah akibat dianggap memicu keributan. Insiden bermula saat Firza Andika melakukan pelanggaran keras yang berujung kartu merah, salah satu pemain Thailand, Jonathan Khemdee secara tiba-tiba tampak melakukan provokasi kepada pemain-pemain Indonesia.

Aksi provokasi tersebut nyatanya membuat pemain Indonesia terpancing, aksi saling dorong pun tak terelakkan dan akhirnya menghasilkan empat buah kartu merah, tiga di antaranya didapatkan pemain-pemain Indonesia.

Provokasi yang dilakukan oleh Jonathan Khemdee ternyata menyulut kemarahan masyarakat Indonesia. Imbasnya akun Instagram pribadi milik Jonathan banjir hujatan netizen Indonesia. Tak tanggung-tanggung, netizen Indonesia juga melakukan report masal kepada akun Instagram Jonathan yang berujung penutupan akun.

Momen keributan Indonesia melawan Thailand saat Semifinal Sea Games 2022 (Reuters/Chalinee Thirasupa)

Jonathan akhirnya membuat akun baru dengan nama @Jonathan.Khemdee, melalui akun Instagram barunya Jonathan meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas ulahnya yang memprovokasi pemain-pemain Indonesia.

"Pertama-tama saya meminta maaf kepada semua penggemar sepak bola khususnya Indonesia atas tindakan saya yang seharusnya tidak saya lakukan di lapangan sebelumnya. Dan di sisi lain saya merasa sedih atas tindakan saya di lapangan saat menghadapi Indonesia di semifinal," ujarnya.

Berita Lainnya