Canggih! Bra yang Dikenakan Pemain Sepak Bola di Euro 2020 Ternyata Bisa Tracking Performa Pemain!

Kawula Muda, sport bra ini beda ya sama yang biasa dipake perempuan!

Artem Dovbyk gunakan bra GPS saat pertandingan Ukraina vs Swedia (Bild.de)
Fri, 09 Jul 2021

Setelah mencetak gol ke gawang Swedia di babak 16 besar Euro 2020 beberapa waktu lalu, striker Ukraina Artem Dovbyk melakukan selebrasi dengan melepaskan jersey.

Bukan selebrasi tersebut yang menarik perhatian publik, tetapi bra olahraga yang dikenakan oleh Dovbyk. Pasalnya, bra olahraga umumnya dikenakan oleh perempuan saat berolahraga.

Jangan salah sangka, bra yang dikenakan Dovbyk dan tim Ukraina ternyata berbeda dengan bra yang digunakan oleh perempuan. 

Bra yang dikenakan oleh Dovbyk dan tim ternyata berfungsi sebagai alat pelacak GPS dan mengontrol kondisi, seperti performa fisik dan kesehatan para pemain. Teknologi yang dihadirkan dalam bra olahraga ini mirip dengan teknologi pada perangkat Apple Watch dan FitBit.

Penggunaan bra olahraga juga dapat memudahkan pelatih klub dalam tracking performa pemain selama pertandingan dan latihan.

Pelatih dan pemain dapat melihat 32 kategori berbeda yang mencangkup kecepatan, jarak tempuh saat berlari, detak jantung, dan akselerasi, sehingga dapat meminimalkan risiko cedera.

GPS pada bra tersebut juga dapat memudahkan pelatih untuk membuat keputusan penting saat menyusun formasi tim.

“Orang-orang dapat mengambil data itu selama pertandingan dan membuat keputusan,” ujar Sean O’Connor, pendiri STATSports, perusahaan yang memproduksi bra olahraga yang dikenakan pemain Ukraina.

Ilmuwan dan pelatih juga dapat menggunakan data tersebut untuk mengembangkan program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pemain.

Bra GPS yang digunakan Artem Dovbyk (Snopes)

 

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya