Erick Thohir: Suporter Sepak Bola Indonesia akan Terdaftar di Database

Kawula Muda, kita dukung rencana baik ini, ya

Erick Thohir dan Presiden FIFA, Gianni Infantino Melakukan Pertemuan di Qatar Merespons Tragedi Kanjuruhan (Twitter/erickthohir)
Thu, 13 Oct 2022


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, diketahui melakukan pertemuan dengan presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA), Gianni Infantino.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Doha, Qatar, Rabu (05/10/2022) tersebut, Gianni menyampaikan duka yang mendalam atas tragedi Kanjuruhan.

Presiden FIFA, Gianni Infantino (Euro Sport)

 

Tidak hanya itu, melalui pertemuan tersebut Erick mengonfirmasi bahwa Indonesia akan menerapkan sistem database bagi suporter klub sepak bola Indonesia, Kawula Muda.

"Suporter juga nanti wajib memasukkan database, seperti yang ada (pada klub di) negara-negara Eropa. Semua suporter di Eropa sudah masuk database, sudah registered," kata Erick, mengutip Kompas (09/10/2022).

Hal tersebut dipastikan sesuai dengan amanat FIFA melalui surat yang dikirimkan kepada Presiden RI, Joko Widodo. Diketahui, FIFA memang mengirimkan surat sebagai respons Tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menjatuhkan banyak korban jiwa.

Menurut Erick, database suporter sepak bola akan menumbuhkan rasa lebih bertanggung jawab jika mereka terdaftar secara resmi, Kawula Muda. Hal ini dilakukan untuk menghindari dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan juga, loh.

Lebih jauh, Erick menambahkan "Kalau suporter tersebut melakukan hal-hal di konteks kriminalitas, data itu sudah tercatat dan pembangunan dengan database digital akan dilakukan.”

Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) tersebut menilai bahwa FIFA memperhatikan betul bagaimana situasi persepakbolaan di Indonesia, Kawula Muda. Hal ini juga ditunjukkan melalui surat dan pernyataan Gianni.

"Suporter harus diundang untuk menjadi bagian dari reformasi, untuk memberikan umpan balik dan pandangan mereka, serta melalui kesepakatan dan kerangka kerja yang bertujuan untuk mencegah situasi dengan risiko eskalasi kekerasan yang lebih tinggi," menurut Gianni.

Gianni juga menambahkan bahwa, "Proses ini harus difasilitasi melalui pembuatan database suporter oleh klub dan PSSI”.

Keduanya diketahui juga membahas bagaimana cara memajukan sepak bola Indonesia, loh. Menurut Gianni, dengan kondisi ekonomi, sosial, politik yang baik, FIFA siap mendukung maksimal sepak bola Indonesia!

Semoga semuanya berjalan lancar ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya