Negara Paling Pelit dan Paling Dermawan di Dunia, Indonesia di Posisi Mana ya?

Hai Kawula Muda, yuk lestarikan terus budaya tolong menolong!

Ilustrasi sedekah uang atau memberi kepada yang membutuhkan. (FREEPIK)
Thu, 13 Oct 2022


Membantu sesama, terutama di masa pandemi merupakan hal yang mulia dan bahkan menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia.

Tetapi ternyata, tidak semua negara punya kesadaran untuk saling membantu bahkan cenderung menjadi pelit.

Laporan dari Charities Aid Foundation (CAF) dengan judul World Giving Index 2021 A Global Pandemic Special Report membuktikan bahwa ada beberapa negara yang masyarakatnya sangat susah untuk dimintai donasi.

Tidak hanya donasi, masyarakat di negara-negara tersebut juga sulit meluangkan waktunya untuk kegiatan sukarelawan.

Uniknya, negara-negara tersebut ternyata kebanyakan berasal dari Asia yang kita kenal memiliki budaya ketimuran yang ramah dan suka bergotong royong. Bahkan, yang lebih mengejutkan beberapa negara tersebut juga termasuk negara maju.

Sebagai informasi, CAF adalah organisasi non profit yang ada di London, Inggris. CAF ini ternyata sudah ada sejak 2011 dan rutin melakukan survei tahunan.

Ilustrasi sedekah atau memberi kepada yang membutuhkan. (FREEPIK)

 

Untuk menentukan World Giving Index, CAF melakukan survei pada 114 negara. Fokus survei tersebut ada tiga yaitu menyumbangkan uang, menolong orang asing, serta menjadi relawan di dalam sebuah organisasi.

Negara paling pelit

Berikut ini 5 negara yang masuk dalam kategori negara paling pelit di dunia versi CAF.

  1. Jepang, skor kedermawanan 12
  2. Portugal, skor kedermawanan 20
  3. Belgia, skor kedermawanan 21
  4. Italia, skor kedermawanan 22
  5. Korea Selatan, skor kedermawanan 22

Demikian 5 negara yang paling pelit di dunia, bagaimana dengan Indonesia?

Negara paling dermawan

Pada laporan WGI 2021, Indonesia menempati 2 peringkat  teratas dari 3 kategori atau indikator yang menjadi ukuran WGI, yakni menyumbang pada orang asing atau orang yang tidak dikenal, menyumbang uang dan kegiatan kerelawanan atau volunteer. Laporan melibatkan hasil wawancara sebanyak 1,6 juta orang di berbagai negara.

Berdasarkan temuan CAF, 8 dari 10 orang Indonesia berdonasi tahun ini. Selain itu, tingkat kesukarelawanan di Indonesia terbilang lebih tinggi dari negara-negara lain, yakni tiga kali lipat dari rata-rata global.

Dilihat dari ketiga aspek ini, Indonesia mengumpulkan poin 65 untuk memberi bantuan pada orang asing, 83 untuk donasi, dan 60 untuk keterlibatan menjadi sukarelawan. Kemudian, rata-rata total skor sebanyak 69.

Berikut 5 negara paling dermawan versi CAF.

  1. Indonesia, skor kedermawanan 69
  2. Kenya, skor kedermawanan 58
  3. Nigeria, skor kedermawanan 52
  4. Myanmar, skor kedermawanan 51
  5. Australia, skor kedermawanan 49

Data CAF tersebut pastinya patut menjadi kebanggaan ya Kawula Muda, karena ternyata Indonesia itu negara yang paling dermawan di dunia. Tetap semangat dari orang baik yang dermawan ya!

Berita Lainnya