Indonesia dan Vietnam Berbagi Angka, Nasib Tiga Tim Ditentukan di Laga Terakhir

Indonesia, Vietnam, dan Malaysia harus bertanding hingga laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 setelah pertandingan Indonesia dan Vietnam berakhir imbang 0-0.

Indonesia 0-0 Vietnam. (PSSI)
Wed, 15 Dec 2021

Timnas Indonesia berhasil mencuri satu poin saat berjumpa Vietnam pada laga lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12).

Sebelum bertanding, kiper Timnas Indonesia Ernando Sutaryadi mengalami cedera saat pemanasan. Cedera itu memaksa pelatih Shin Tae-yong menarik Ernando dari starting line-up, digantikan oleh Nadeo Argawinata.

Pada pertandingan ini, Indonesia tampil menggunakan 5 bek untuk meredam serangan Vietnam. Terbukti skuad asuhan Shin Tae-yong ditekan habis-habisan sejak babak pertama.

Sepanjang pertandingan, Vietnam berhasil menguasai bola sebanyak 68% dan berhasil melepaskan delapan tembakan ke arah gawang Nadeo. Namun, pertahanan rapat Indonesia terbukti ampuh dan membuat sang juara bertahan tidak mampu mencetak gol.

Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi 7 poin. Torehan 9 gol Indonesia membuat Evan Dimas dkk berhak menduduki puncak klasemen, disusul Vietnam yang baru mencetak 5 gol dari 3 laga.

Hasil imbang membuat nasib Indonesia, Vietnam, dan Malaysia harus ditentukan pada matchday terakhir Grup B, Minggu (19/12). Saat ini di posisi ketiga, Malaysia mengumpulkan 6 poin dari 3 pertandingan.

Vietnam asuhan Park Hang-seo sedikit diuntungkan karena akan menghadapi Kamboja yang sudah tersingkir. Di sisi lain, timnas Indonesia dan Malaysia harus saling mengalahkan pada matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020 demi satu tiket semifinal.

Timnas Indonesia dipastikan harus bekerja keras pada laga melawan Malaysia meskipun hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020.


Berita Lainnya