Ini 7 Aturan Baru Premier League yang Perlu Kamu Tahu

Kawula Muda, menyambut bergulirnya musim 2022-2023, Premier League menerapkan setidaknya tujuh aturan baru.

Premier League 2021/2022. (Twitter/premierleague)
Mon, 04 Jul 2022


Rasanya pentas Premier League 2022-2023 tinggal menunggu hitungan hari sebelum bergulir. Namun, yang belum banyak diketahui, terdapat tujuh aturan baru.

Premier League merupakan salah satu kompetisi sepak bola yang paling digemari di seluruh dunia. Adanya pemain bintang di hampir setiap tim menjadi alasannya.

Oleh sebab itu, inovasi-inovasi baru kerap dilakukan, tidak terkecuali pada musim 2022-2023. IFAB mengonfirmasi terdapat tujuh aturan baru di kompetisi tersebut.

Apa saja aturan baru yang akan diterapkan oleh kompetisi kasta tertinggi di Inggris tersebut? Simak pada artikel berikut ini:

1. Ada 5 pergantian pemain

Sejak pandemi Covid-19 menyerang, aturan lima pergantian pemain kerap hadir di sepak bola. Sayangnya Premier League belum menerapkannya secara konsisten.

Beruntung, kali ini segalanya berubah. Premier League telah memastikan mulai musim ini pergantian lima pemain akan mereka terapkan.

2. Jeda musim dingin

Salah satu keluhan pemain yang berkarier di Inggris adalah tidak adanya jeda musim dingin. Namun, digelarnya Piala Dunia 2022 di Qatar membuat Premier League mengubah aturan itu.

3. Lempar koin

Sebelumnya, siapa pun bisa melempar koin sebelum pertandingan berlangsung. Namun, mulai musim ini harus wasit yang melakukan pelemparan koin.

4. Offisial bisa terusir

Sebelumnya, hanya pelatih dan pemain yang bisa terusir dari lapangan. Nah, mulai musim ini siapa pun termasuk offisial bisa diusir oleh pengadil.

5. Pemain menyerang non pemain

Insiden tendangan kungfu Eric Cantona sudah terjadi hampir tiga dekade silam. Selama itu baru dimunculkan aturan yang mengatur soal hal ini.

Apabila pemain menyerang non pemain, terdapat dua opsi. Jika situasi bola mati, maka pertandingan akan dimulai. Namun, andai bola bergulir, wasit berhak memberikan tendangan bebas.

6. Kaki di belakang garis gawang

Sebelumnya, kiper hanya bisa menaruh kaki di garis gawang saat penalti. Mulai musim ini, kiper boleh menaruh satu kakinya di belakang garis gawang.

7. Tak ada lagi 'Gol Tangan Tuhan'

Kini, aturan tegas diberikan untuk pemain yang mencetak gol menggunakan tangan. Wasit berhak memberi kartu merah langsung kepada pemain yang melakukannya.

Berita Lainnya