Liverpool atau Real Madrid, Siapa yang akan Juara Liga Champions?

Bakal dukung siapa nih, Kawula Muda?

Liverpool vs Real Madrid (Getty Images/Gonzalo Arroyo Moreno)
Sat, 28 May 2022

Final Liga Champions yang akan diadakan pada Minggu, (29/05/2022) dini hari nanti, akan berlangsung di Stadion Parc de Prince, Paris. Mempertemukan antara dua raksasa di dua liga ternama di Eropa, Liverpool dan Real Madrid.

Sebagai pemegang rekor terbanyak peraih gelar juara Liga Champions, Real Madrid kali ini mengincar gelar yang ke-14. Sementara itu Liverpool sedang mencoba melakukan misi balas dendam, dengan kekalahan pada partai Final Liga Champions edisi sebelumnya dengan skor 1-3 untuk kemenangan Real Madrid.

Kedua tim tersebut memiliki kekuatan yang hampir seimbang. Real Madrid musim ini telah memenangkan Liga Spanyol, setelah unggul jauh 13 poin dari rivalnya, Barcelona.

Sedangkan Liverpool musim ini cukup produktif, meski gagal meraih gelar jawara Liga Inggris, anak asuhan Jurgen Klopp tersebut dapat meraih dua gelar domestik, yakni Piala FA dan Carabao Cup.

Berikut head to head dari masing-masing kesebelasan ini:

1. Kiper

Courtois mencoba menghalau sundulan Sadio Mane (EPA/Peter Powell)

Kedua tim memiliki dua kiper kelas dunia, Alisson Becker pada Liverpool dan Thibaut Courtois pada Real Madrid. Kedua penjaga gawang tersebut merupakan kiper andalan di negaranya masing-masing. Courtois musim ini telah mencatatkan clean sheet sebanyak 21 dari 46 pertandingan yang dilakoni bersama Real Madrid. Sedangkan Allison lebih unggul dengan 27 kali tanpa kebobolan dari 40 laga yang dimainkan dengan Liverpool.

2. Lini Pertahanan

Robertson (Kiri) Van Dijk (Tengah) Arnold (Kanan) (Clive Brunskill/Getty Images)

Dengan catatan tanpa kebobolan di atas 20 pertandingan, The Reds dan El Real tak hanya memiliki kiper nomor satu, lebih dari itu, kedua tim sama tangguh dalam bertahan.

Van Dijk dan Konate tampaknya cukup tangguh dalam mengawal gawang Liverpool agar tidak kebobolan, ditambah lagi Trent Arnold dan Robertson sama-sama cukup aktif dalam membangun serangan, tak ayal Arnold dan Robertson telah banyak berkontribusi dalam capaian gol Liverpool musim ini. Jika gol dan asis keduanya dijumlahkan, maka mencapai angka 5 gol dan 34 asis.

Sementara itu dari kubu Real Madrid, duet Alaba dan Militao tampaknya cepat beradaptasi untuk menjaga gawang Courtois 21 kali tanpa kebobolan. Ferland Mendy juga cukup baik menggantikan peran Marcelo yang telah menua, dengan catatan 2 gol dan 5 asis.

3. Lini Tengah

Sadio Mane Saat Melewati Pemain Real Madrid(AP Photo/Pavel Golovkin)

Trio Kroos, Modric dan Casemiro masih memiliki taji meski telah dimakan usia, sementara itu Camavinga dan Valverde juga cukup capable dalam melapisi seniornya saat tidak bisa bermain. Pertarungan lini tengah tampaknya akan berlangsung sengit, karena di kubu Merseyside Merah memiliki pemain sekelas Thiago Alcantara dan Jordan Henderson, kedua pemain tersebut tentu pemain andalan di negaranya masing-masing.

4. Lini Serang

Karim Benzema saat mencoba melewati pemain Liverpool (Twitter/realmadrid)

Mo Salah jelas akan menjadi sorotan utama pada laga final nanti, Salah memiliki ambisi balas dendam setelah final sebelumnya dicederai Sergio Ramos dan harus menepi sebelum pertandingan berakhir. Pada musim ini, Salah jadi tumpuan Liverpool dalam mencetak gol dan bahkan memenangi gelar top skor Liga Inggris dengan catatan 23 gol. Selain Salah, The Reds juga memiliki penyerang sayap berbahaya dalam diri Sadio Mane, serta pemain terbarunya yang cukup on fire, yakni Luiz Diaz.

Sedangkan anak asuhan Ancelotti diberkati dengan suburnya Benzema musim ini, meski telah menua Benzema berhasil mengoleksi 44 gol dalam 45 pertandingannya bersama Real Madrid. Benzema juga menjadi top skor di Liga Spanyol dengan 27 gol. Selain Benzema, Real Madrid juga masih memiliki anak muda yang cukup tajam musim ini dengan 20 gol dan 21 asis, Vinicius Jr.

Berita Lainnya