Shin Tae-yong Ancam Mundur dari Pelatih Timnas ke Iwan Bule

Pernyataan Shin Tae-yong bahkan mengejutkan media Korea Selatan

Shin Tae-yong (Dok. PSSI)
Thu, 13 Oct 2022


Buntut tragedi Kanjuruhan, masyarakat Indonesia meminta ketua PSSI, yakni Mochamad Iriawan atau Iwan Bule untuk mundur dari jabatannya. Masyarakat merasa bahwa PSSI merupakan salah satu pihak yang bertanggung jawab atas hilangnya nyawa ratusan orang saat kejadian tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong justru mengeluarkan pernyataan yang cukup mengejutkan. Shin menyatakan akan mundur dari jabatannya apabila Iwan Bule mundur sebagai Ketua Umum PSSI.

Pernyataan tersebut disampaikan Shin Tae-yong melalui akun Instagram pribadinya pada Rabu (12/10/2022).

"Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI," tulis Shin Tae-yong.

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," imbuhnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong merasa kesalahan yang dilakukan oleh Iwan Bule adalah kesalahan satu tim, yang mana ia merasa termasuk bagian dari PSSI.

"Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama. Kita adalah 1 tim," Shin Tae-yong menambahkan.

Pernyataan Shin Tae-yong di Instagram (Instagram/shintaeyong7777)

Pernyataan mengejutkan Shin Tae-yong tidak hanya mengagetkan masyarakat Indonesia yang kadung suka dengan kinerja tae-yong, media asal Korea Selatan juga merasa terkejut dengan pernyataan ini.

Nate, portal berita Korea, membuka pemberitaan Shin Tae-yong itu dengan mengaku terkejut.

"Pelatih tim nasional sepakbola Indonesia Shin Tae-yong, yang punya capaian di Indonesia, membuat pernyataan mengejutkan," tulis Nate.

Pernyataan Shin Tae-yong bahkan didukung pemain-pemain timnas lainnya, seperti Saddil Ramdani, Marc Klok, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Pratama Arhan, dan penyerang Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka.

Pemain-pemain timnas tersebut juga secara terang-terangan mendukung Iwan Bule untuk tidak mundur dari jabatannya.

Pernyataan Shin Tae-yong dan reaksi pemain timnas Indonesia ini menimbulkan pro kontra.

Sebagian besar masyarakat Indonesia merasa geram dengan pernyataan Shin Tae-yong dan para pemain timnas tersebut. Bagi masyarakat, pernyataan tersebut merupakan sesuatu yang kurang etis di tengah insiden yang menewaskan ratusan orang.

Alhasil, banyak masyarakat yang meminta agar Shin Tae-yong juga mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas Indonesia. Shin dianggap memperkeruh suasana, di saat banyak orang menuntut keadilan imbas tragedi Kanjuruhan.

Pendapat lo gimana Kawula Muda?

Berita Lainnya