5 Brand Smartphone Android Paling Laris di Indonesia

Siapa yang nomor 1?

ilustrasi smartphone (unsplash/halacius)
Sun, 02 Oct 2022

Berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC), angka pengiriman Handphone ke Indonesia pada kuartal ke 2 tahun 2022 dipimpin oleh Oppo sebagai smartphone dengan jumlah terbanyak disusul Samsung dan Vivo.

Keberhasilan Oppo menjadi yang terlaris di Indonesia pada kuartal ke 2 di tahun 2022 ini lantaran Oppo mampu menjual lebih dari 2 juta unit dan menguasai 20,6% pangsa pasar. Oppo mampu menjual 2 juta unit lebih produknya dan mendominasi di kelas mid-range dengan rata-rata harga sekitar 200 hingga 400 dolar AS.

1. Oppo

Oppo sukses mendominasi pasar smartphone di Indonesia pada kelas mid-range dengan dua produk mereka yaitu Oppo A96 dan Oppo Reno 7. Kedua produk Oppo tersebut rupanya mampu mengangkat persentase penjualan Oppo dari 19,1% di 2 kuartal 2021 menjadi 46,9%.

OPPO A96 (instagram/oppoindonesia)


2. Samsung

Samsung yang memuncaki kuartal pertama penjualan smartphone di Indonesia menjadi posisi kedua berada di bawah Oppo. Meskipun Samsung model A dan M series yang bersaing di kelas mid-range mengalami peningkatan pengiriman sebesar 23,2%, dan beberapa produk dari A dan M series menawarkan fitur 5G, namun kedua hal ini masih belum mampu menyaingi kesuksesan Oppo.

3. Vivo

Berbeda dengan Oppo dan Samsung, Vivo yang menduduki posisi ketiga mampu merengkuh posisi tersebut lantaran keberhasilannya dalam menguasai pasar di kelas entry-level dengan kisaran harga di bawah 200 dolar AS. Produk utama dari Vivo yang membawa mereka mampu merengkuh posisi ketiga adalah Y15s dan Y21. Selain mampu merengkuh posisi ketiga pada pasar penjualan smartphone di Indonesia, Vivo juga berhasil meningkatkan penjualan produk 5G mereka melalui T15g dan T1Pro 5g.

4. Xiaomi

Ada pula Xiaomi yang juga menjadi brand smartphone terlaris di Indonesia berkat keberhasilan mereka bersaing di kelas ini. Produk dari Xiaomi yang menjadikan brand smartphone asal China ini tetap berada di lima besar dengan menempati posisi keempat adalah Redmi 10A dan Redmi 10C. Posisi keempat yang didapatkan Xiaomi ini dikarenakan Xiaomi sedang fokus meningkatkan penjualan mereka di kelas low-end (100-200) dolar.

5. Realme

Terakhir ada Realme yang berhasil mempertahankan posisi mereka di urutan kelima pada kuartal kedua 2022. Model C series terutama C35 dan C31 yang baru milik Realme menjadi penopang dari keberhasilan Realme menjaga posisinya. 

Berita Lainnya