Bekasi jadi Daerah dengan Internet Tercepat di Indonesia

Anak Jaksel minggir dulu

Bekasi (DPRD Bekasi)
Fri, 21 Oct 2022


Kerap dijadikan candaan sebagai kota dari planet lain, rupanya Bekasi menjadi kota dengan internet tercepat di Indonesia. Bekasi dinobatkan menjadi kota dengan Internet tercepat oleh Speedtest by Ookla, situs pengujian kecepatan Internet. Hal ini diketahui melalui rilisan laporan bulan September 2022 lalu. 

Ilustrasi kecepatan internet. (UNSPLASH)

 

Selain menjadi kota dengan Internet tercepat di Indonesia, Bekasi juga bersaing dengan ratusan kota lainnya yang termasuk ke dalam daftar dari Speedtest. Dengan kecepatan download yang mencapai 16,47 Mbps dan upload mencapai 11,64 Mbps, dan latensi 23 ms.

Bekasi berada di urutan ke-134 dari 170 kota terdaftar. Hasil yang didapat Bekasi ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan hasil di bulan Agustus lalu dengan berada di posisi 128, tepat di bawah Jakarta. Pada hasil kali ini Jakarta justru turun 9 peringkat jika dibandingkan dengan bulan Agustus lalu. 

Ilustrasi seseorang sedang mengakses internet (UNSPLASH/John Schnobrich)

 

Bekasi menjadi satu dari dua perwakilan kota di Indonesia yang terdaftar di Speedtest Global Index. Kota lainnya di Indonesia yang terdaftar adalah Jakarta Selatan dengan kecepatan download mencapai 16,14 Mbps dan upload mencapai 10,90 Mbps dan latensi 24 ms. 

Jakarta Selatan berada di urutan kedua kota dengan internet tercepat di Indonesia setelah Bekasi dan berada di posisi 136 dari 170 kota dalam daftar Speedtest.

Pada urutan pertama kota dengan internet tercepat di dunia diduduki oleh Shanghai, China. Kecepatan internet di kota Shanghai diketahui mencapai 158,63 Mbps. Selain Shanghai, ada juga Copenhagen, Denmark dengan kecepatan internet mencapai 157,54 Mbps pada posisi kedua, disusul Busan dari Korea Selatan dengan kecepatan internet mencapai 147,55 Mbps, Beijing dari China dengan 145,76 Mbps dan Oslo Norwegia dengan kecepatan internet 115,19 Mbps.

Pada kategori Fixed Broadband, Bekasi juga masih menjadi yang tercepat di Indonesia. Bekasi menjadi perwakilan Indonesia, menempati posisi ke 136 dengan kecepatan download mencapai 27,04 Mbps. Pada kategori ini Jakarta Selatan berada satu peringkat di bawah Bekasi dengan kecepatan download mencapai 27 Mbps dan kecepatan upload mencapai 17,32 Mbps dan latensi 5 ms.

Beijing dari China yang berada di posisi ke-4 pada kategori Internet Mobile justru menempati posisi pertama pada kategori Fixed Broadband ini. Beijing memiliki kecepatan internet di angka 238,86 Mbps. Shanghai justru berada di posisi ketiga dengan kecepatan internet mencapai 221,85 Mbps, satu peringkat di bawah Valparaiso dari Chile dengan kecepatan internet mencapai angka 22,67 Mbps.

Di posisi ke-4 ditempati oleh New York, Amerika dengan kecepatan internet mencapai 218,04 dan di posisi ke-5 ada Bangkok dari Thailand dengan kecepatan internet mencapai 217,19 Mbps.

Data-data yang dikeluarkan oleh Ookla ini menjadikan warga Jakarta Selatan harus lebih mengakui keberadaan Bekasi. Begitu juga dengan kota-kota lainnya di Indonesia yang sebelumnya sering menjadikan Bekasi topik bercandaan. 

Kawula Muda ada yang dari Bekasi?

Berita Lainnya