Dianggap Konten Negatif, Domain x.com Twitter Diblokir Kominfo

Alasannya apa di blokir?

X logo (TWITTER/ajtourville)
Tue, 25 Jul 2023

Elon Musk resmi mengganti logo Twitter menjadi X, pada Senin (24/07/2023) tetapi sempat kena blokir Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) serta tidak dapat diakses di Indonesia karena diduga berisi konten negatif.

Versi terbaru dari ikon X ini memiliki warna putih dengan latar belakang berwarna hitam. Logo X tersebut juga terlihat di bagian kiri atas dekat ikon home.

Sebelumnya, Twitter yang identik dengan logo burung warna biru kini sudah diubah oleh Elon Musk menjadi logo bergambar huruf X. Domain utama dari twitter.com juga berubah menjadi x.com.

Namun, dengan pengubahan alamat website tersebut, membuat beberapa pengguna di Indonesia mengalami pemblokiran saat mengakses Twitter melalui x.com.

Pemblokiran tersebut dilakukan oleh penyedia jaringan seluler yang digunakan oleh masing-masing perangkat.

"Maaf, akses ke situs ini diblokir oleh Pemerintah Indonesia karena mengandung konten negatif," narasi pesan yang muncul ketika mengakses situs x.com.

Elon Musk akan ubah logo burung biru Twitter menjadi X (TWITTER/elonmusk)

 

Dilansir dari Uzone.id, Kominfo menganggap situs tersebut mengandung konten yang negatif yang menjadi alasan pemblokiran situs di wilayah Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, Usman selaku Ditjen Aptika Kominfo mengatakan kepada tim Kompas pada Selasa, (25/07/2023) bahwa, "Makanya, (X.com saat ini masih) masuk dalam list blokir Kominfo."

Awalnya, x.com diblokir karena diduga mengandung unsur pornografi, judi, phishing/malware, sara, dan proxy. Pemblokiran situs tersebut juga berdasarkan Undang-Undang RI No.19 Tahun 2016 Pasal 40, Ayat 2a dan 2b, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Tadi Ditjen Aptika sudah bicara dengan pihak twitter, dan mereka akan mengirimkan pemberitahuan kalau X.com akan digunakan oleh Twitter," ungkap Usman.

Usai menerima pemberitahuan tersebut, Usman mengungkapkan, Kominfo akan melakukan normalisasi pada pembukaan pemblokiran pada situs X.com, yang nantinya pengguna di Indonesia dapat mengakses Twitter melalui Twitter.com dan X.com.

Untuk saat ini, seperti pantauan dari tim Redaksi Prambors (25/07/2023) , situs Twitter sudah bisa diakses dengan domain x.com dan tak lagi kena blokir Kominfo, Kawula Muda. 

Berita Lainnya