Hasil Gambar dari Deskripsi Teks, Memangnya Bisa?

Keren banget ya!

Ilustrasi cara kerja teknologi DALL-E2 (YOUTUBE/OpenAI)
Thu, 09 Jun 2022


OpenAI, sebuah perusahaan teknologi berbasis di San Fransisco, California, telah menciptakan sistem text to image. Maksudnya, sistem tersebut dapat mengubah sebuah deskripsi berbentuk teks ke dalam bentuk foto yang realistis.  

Sebenarnya, pengembangan sistem ini telah diperkenalkan sejak awal Januari 2021 lalu. 


Kini, mereka baru saja memperkenalkan perkembangan dari teknologi tersebut. Diberi nama “DALL-E2”, sistem tersebut diklaim dapat menciptakan foto yang realistis dari teks yang sederhana. Selain itu, foto tersebut dijanjikan memiliki resolusi empat kali lebih besar dari versi awalnya! 

Adapun cara kerja DALL-E2 adalah menggabungkan beberapa foto sesuai isi teks dengan memanfaatkan artificial intelligence. Sistem tersebut memungkinkan untuk mengedit maupun menambahkan suatu komponen sesuai teks. 

Misalnya, teks tersebut tertulis “monyet menaiki mobil” Maka, DALL-E2 akan langsung mencari foto monyet yang menaiki mobil. 

Namun, apabila foto tersebut belum pernah ada, maka sistem DALL-E2 secara langsung akan menciptakan gambar baru dari kombinasi gambar-gambar yang ada. Misalnya mencari foto monyet dan mobil, kemudian digabungkan sehingga sang monyet terlihat tengah menaiki mobil. 

Pada video yang diunggah oleh akun resmi OpenAI, mereka mencontohkan "Beri Monalisa rambut gaya mohawk!" Maka, sistem tersebut secara otomatis mengubah gaya rambut Monalisa menjadi mohawk. 

Sementara itu, OpenAI juga memiliki kekhawatiran akan teknologi yang mereka kembangkan tersebut. Karena itulah, sebagai upaya pengamanan pertama, mereka menghilangkan semua foto-foto eksplisit dari training dasar data sistem. 

OpenAI juga menyatakan bahwa mereka berharap teknologi tersebut dapat memberi manfaat bagi manusia. Lewat DALL-E2 tersebut, diharapkan dapat mengakomodasi orang-orang yang ingin mengekspresikan diri secara kreatif. 

Berita Lainnya