Pengguna iOS Wajib Tahu! Ini Tips dan Trik yang Ada pada iPhone (Bagian I)

Pengguna iPhone harus tau

iPhone 13. (Dok. INSIDER)
Sun, 16 Oct 2022

Kemunculan iPhone sebagai sebuah smartphone merupakan suatu hal yang merevolusi industri smartphone di seluruh dunia. iPhone telah menjadi standar bagi para pesaingnya di industri smartphone ini dengan berkali-kali melahirkan terobosan yang mengubah industri smartphone mulai dari kemunculannya dengan Safari, App Store, dan yang terbaru, dynamic island yang terdapat pada iPhone 14 Pro dan Pro Max. Sebagai produk yang me-revolusi industrinya, iPhone menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Berikut beberapa fitur pada iPhone yang harus diketahui sebagai pengguna iPhone.

1. Undo Typing

ilustrasi undo typing pada iphone (TechJunkie)

 

Banyak orang tidak mengetahui hal ini, namun iPhone memiliki fitur undo. Ketika pengguna melakukan kesalahan dalam mengetik atau mengedit foto, pengguna bisa menggoyangkan atau menyapu layar dengan tiga jari pada iPhone mereka agar opsi undo muncul di display.

2. Double Tap Untuk Mengakhiri Kalimat

ilustrasi pengetikan pada iphone (unsplash/freestock)

 

Fitur ini berguna untuk menghemat waktu dalam mengetik. Pengguna bisa melakukan double-tap ke bilah spasi untuk mengakhiri kalimat dan secara otomatis memulai kalimat baru. 

3. Tombol Volume Untuk “Clicks”

ilustrasi penggunaan tombol volume (unsplash/math)

 

iPhone selalu memberi kelebihan pada kameranya. Tidak hanya pada kualitas kamera yang disuguhkan, iPhone juga memudahkan penggunanya untuk memanfaatkan fitur kamera. Pengguna bisa menggunakan tombol volume untuk mengambil gambar melalui kamera. Yang perlu dilakukan dalam menjalankan fitur ini adalah dengan tetap membiarkan kamera iPhone lo terus menyala.

4. Mengajari Siri

ilustrasi penggunaan siri pada iphone (unsplash/omid armin)

 

Fitur ini mungkin akan sangat menarik bagi para pengguna yang kerap memanfaatkan Siri. Terkadang, Siri kerap mengucapkan kata yang salah. Pengguna bisa mengajari Siri kata yang benar dengan mengatakan “That’s not how you pronounce ___”.

5. Multi Burst

ilustrasi multi burst pada iphone (unsplash/amanda)

 

iPhone sebagai revolusioner di Industri smartphone menjadikan smartphone tidak hanya dapat diandalkan sebagai alat komunikasi, tetapi juga untuk mengambil gambar. Fitur ini memudahkan pengguna yang ingin mengambil gambar secara lebih baik. Multi Burst dapat digunakan dengan cara menahan tombol kamera untuk menangkap banyak gambar dalam satu waktu. Dari situ pengguna dapat memilih gambar yang terbaik.

6. Mengatur “Scrub Rate”

Pengguna bisa mengatur kecepatan dari tayangan atau musik yang sedang diputar dengan menggeser “Scrub Rate” pada aplikasi yang sedang berjalan.

7. Stempel Waktu

Pengguna iPhone bisa melihat kapan waktu mengirim dan menerima pesan dengan menggeser pesan ke kiri untuk memunculkan waktu dari masing-masing pesan.

8. Pengisian Daya yang Lebih Cepat

ilustrasi pengisian daya iphone (unsplash/Daniel korpai)

 

Pengisian daya iPhone bisa dilakukan lebih cepat dengan cara mengubah iPhone ke mode pesawat. Ini bisa mempercepat pengisian daya iPhone secara signifikan. Meski demikian, pengguna tidak akan bisa menerima pesan maupun panggilan telepon selama dalam mode pesawat ini.

9. Light Up - Flashlight Menyala ketika Ada Notifikasi

ilustrasi LED Flash pada iPhone (apple.com)

 

Mode getar dari iPhone ketika menerima panggilan telepon mungkin akan terasa mengganggu dalam beberapa kesempatan. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti iPhone ke mode menyalakan lampu LED ketika menerima panggilan telepon. Pengguna bisa membuka pengaturan, kemudian aksesibilitas, dan atur menyalakan lampu LED untuk peringatan.

10. Timer untuk Pemutar Musik

Pengguna iPhone bisa memasang pengatur waktu untuk memulai dan mematikan musik yang akan didengarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan memasang alarm sesuai dengan waktu musik akan diputar dan memasang alarm sesuai waktu musik akan dimatikan. Hal ini bisa memudahkan mereka yang harus mendengarkan musik sebelum tidur tanpa harus terbangun untuk mematikan musik.

Berita Lainnya