Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 11 2022

    Apa Itu Fan Service dan Daftar Musisi yang "Loyal" kepada Penggemarnya

    Lo pernah berinteraksi langsung sama idol lo enggak, Kawula Muda

    Kai EXO saat lakukan fan service kepada penggemar (KPOPMAP)


    Penyanyi Pamungkas baru-baru ini ramai diperbincangkan akibat tindakan tak senonoh yang ia lakukan saat tampil di Bengkel Space, SCBD, Jakarta Selatan pada 5 Oktober 2022 lalu.

    Awalnya, Pamungkas mengambil ponsel dari salah satu penonton yang tengah merekam penampilannya. Dia pun merekam dirinya sembari mengitari panggung. Setelah itu, Pamungkas menggesekkan ponsel tersebut ke bagian alat vitalnya dan mengembalikan ponsel ke si pemilik.

    Aksi tersebut menuai kecaman dari warganet sehingga Pamungkas membuat video klarifikasi di Instagram pribadi. Menurutnya, tindakan tersebut hanyalah sebatas bentuk fan service kepada penggemar. Dia menambahkan, kalau itu hanya bagian dari aksi panggung saja.

    Istilah fan service sudah sering terdengar di kalangan artis ataupun musisi. Dilansir dari News Delivers, Selasa (11/10/2022), fan service merupakan perlakuan yang diberikan dari idola ke penggemarnya. Fans service ini sering didapati dalam budaya K-pop.

    Pastinya, hal ini bisa membuat fans histeris karena akan merasa lebih dekat dengan idolanya. Pengalaman ini bisa dijadikan memori indah bagi para fans karena menyenangkan.

    Istilah ini digunakan untuk menggambarkan layanan khusus pada para artis untuk penggemar. Mereka bisa sekadar eye contact, berjabat tangan hingga berpelukan, namun tetap ada dalam batasan yang seharusnya dijaga.

    Fan service bukanlah suatu paksaan ataupun pelecehan serta tindak memasukkan ungkapan yang menyinggung perasaan ataupun SARA. Malah sebaiknya, penting untuk sang artis meminta izin terlebih dahulu, begitu pula sebaiknya dari fans ke idola mereka.

    Fans service di budaya Jepang dan budaya Korean Pop

    AnimeIlustrasi anime (TELEPOLIS)

    Fans service juga ada dalam budaya Jepang yaitu game dan anime. Melansir dalam IDN Times, kalau di anime, fan service sebuah adegan yang memang sengaja diselipkan di film, anime, game, sebagai bentuk lucu, menggemaskan atau mendebarkan.

    Tidak harus sensual, kok Kawula Muda. Dalam manga atau anime, fan service bisa didapatkan dengan berbeda-beda. Misalnya dalam anime yang bertema mecha (robot), para fans mendapatkan kepuasan dengan menonton transformasi robot raksasa yang keren.

    Tujuannya sama, yaitu membuat para penonton senang dan merasa "gila" dengan adegan tersebut. Bentuk ini juga diistilahkan dalam anime dan manga sebagai "bumbu penyenang".

    Untuk di K-pop, biasanya para idol melakukan banyak fan service saat mereka menggelar acara fan meeting atau fan signing. Dalam beberapa kesempatan, idol K-pop ini bisa bersentuhan secara langsung dengan fans.

    Saat konser pun, beberapa fans meminta sang idola untuk mengambil foto atau video selfie dengan ponsel pribadi mereka.

    Apa saja bentuk fan service

    Fans serviceIlustrasi V BTS saat melakukan fan service (SOOMPI)

    Berbagai cara fan service yang bisa dilakukan oleh antar idol dan penggemar. Berdasarkan News Delivers, berikut bentuk fan service:

    Jabat tangan

    Menjabat tangan juga bisa jadi memori atau pengalaman yang enggak bisa dilupakan oleh fans. Contohnya dalam K-pop, fans sering mendapatkan hal ini dalam fan sign atau fan meeting.

    Perlu diingat kembali, untuk tidak memaksa idol kalau mereka memang tidak menginginkannya. Ini juga ada dalam aturan fan sign dan fan meeting, loh.

    Bertukar cerita

    Di kesempatan fan sign dan fan meeting ini, fans juga bisa membagikan cerita kepada idol. Bukannya segan, para idol akan memberikan perhatian penuh dengan menatap mata penggemar sembari memberikan tanda tangan.

    Berpelukan

    Mungkin fan service yang satu ini enggak bisa dilupakan. Bukan hanya dalam acara fan sign dan fan meeting saja, di acara konser, penyelenggara juga bisa memberikan kesempatan ke fans untuk naik ke atas panggung dan memeluk sang idol.

    Balik lagi, hal ini terjadi karena ada kesepakatan antara dua belah pihak ya.

    Artis dengan fan service yang enggak bisa dilupakan!

    Sejak dulu hingga kini, para artis selalu memberikan fan service kepada penggemarnya untuk memberikan rasa senang. Berbagai cara dilakukan seperti memberikan topi, memeluk, memakai barang pemberian fans, dan lain-lain.

    Kawula Muda, kita intip yuk sikap fans service dari berbagai musisi:

    Green Day - Ajak fans naik ke panggung main gitar


    Seorang fans berumur 10 tahun diajak langsung oleh Green Day untuk tampil bareng di atas panggung! Konser yang dilaksanakan pada acara Outside Lands Festival di San Fransisco Agustus lalu, jadi kenangan yang tak terlupakan untuk sang fans.

    Melansir dari NME, saat vokalis, Billie Joe Armstrong menunjuk salah satu kerumunan di sana yang bernama Montgomery. Dia pun mengajaknya untuk bergabung bersama Green Day di panggung.

    "Apakah kamu benar-benar tahu cara bermainnya?" tanya Armstrong. "Baiklah, Nak, ayo naik ke sini!"

    Montgomery yang memakai pakaian hitam-merah bergaya "American Idiot", kemudian mulai memainkan cover lagu Operation Ivy tahun 1989 dengan judul "Knowledge".

    S.Coups SEVENTEEN - Lempar topi pribadi pas konser

    Saat menggelar konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE), September lalu, salah satu member boy group SEVENTEEN, S.Coups memberikan topi yang ia kenakan ke penggemar.

    Setelah selesai, S.Coups berjalan ke arah penonton dan melemparkan topi yang selama konser ia kenakan. Sontak, fans yang berada di area Festival langsung berebut mengambil topi milik si leader grup tersebut.

    Justin Bieber - "One Less Lonely Girl"


    Setiap lagu "One Less Lonely Girl" di konser My World Tour-nya, tim Justin Bieber selalu menarik secara random salah satu wanita dari kerumunan penonton. Wanita tersebut akan duduk di panggung bersama Justin sebagai One Less Lonely Girl-nya.

    Di momen itu, suami Hailey Baldwin ini memeluk, memegang tangan fans-nya, sampai memberikan bucket bunga yang besar untuknya.

    Duh, beruntung banget ya. 

    Jimin dan Jungkook BTS - Peluk fans


    Hadir di acara televisi Good Morning America, member boy group BTS, menemui fans-nya.

    Seorang gadis kecil yang menangis dan menyanyikan lagu-lagu BTS di luar studio diundang untuk melihat anggota BTS dan reaksinya sangat berharga.

    Anak berambut blonde itu sangat bersemangat sehingga dia tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan dirinya sendiri. Dia kemudian memeluk lengan Jimin sambil menangis dan meluluhkan hati orang-orang yang menonton.

    Bahkan, member BTS pun juga ikut luluh dibuat salah satu penggemar kecilnya ini.

    Mew Suppasit - Simpan hadiah pemberian dari fans

    Menerima kado dari fans, juga sering dirasakan oleh para idol, nih. Salah satunya dari artis Thailand Mew Suppasit yang tak jarang mendapatkan kado dari penggemarnya. Ternyata, ia selalu menyimpan pemberian mereka.

    Hal itu terlihat ketika sang artis mengunggah kegiatan di Instagram pribadi, live streaming, atau mengunggah sesuatu. Terlihat lelaki ini mengenakan pemberian dari fans.

    Selain itu Mew Suppasit sering membuat meet and greet agar bisa selalu dengan sama para fans.

    Editor Team

    COMMENT