Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 15 2022

    Drama Korea “Narco-Saints” Terancam Digugat Pemerintah Suriname, Ini Alasannya!

    Kawula Muda, drakor "Narco-Saints" dinilai telah menampilkan citra negatif Suriname.

    Drama Korea "Narco-Saints" besutan Netflix. (INSTAGRAM/NETFLIX INDONESIA)


    Drama Korea besutan Netflix, Narco-Saints, terancam bakal digugat oleh pemerintah Suriname. Negara Amerika Latin tersebut dilaporkan akan mengambil tindakan hukum atas pihak produksi drama Korea yang baru saja tayang pada 9 September 2022 itu.

    Ancaman gugatan ini dipilih oleh pemerintah Suriname karena mereka menganggap drama serial yang dibintangi oleh Park Hae Soo itu bisa membuat citra Surinamekembali negatif dengan menggambarkannya sebagai “negara narco”.

    “Suriname berada di ambang krisis setelah kembali dinodai citranya karena serial TV Netflix belum lama ini. Saya akan melakukan kontak dengan Korea Selatan mengenai masalah ini,” ujar Menteri Luar Negeri Surinama, Albert Ramdin.

    Dalam sebuah pernyataan yang diunggah melalui situs pemerintah, Albert Ramdin menyatakan bahwa kejahatan dan kegiatan lintas batas pada masa lalu sudah coba diberantas oleh pemerintah selama beberapa dekade.

    “Suriname tidak lagi memiliki citra yang muncul dalam serial dan tidak lagi berpartisipasi dalam praktik semacam itu,” kata Albert Ramdin, seperti yang dikutip dari cnbcindonesia.com.

    “Apakah praktik yang disajikan benar atau salah, itu menciptakan persepsi negatif. Seluruh dunia melihat hal-hal ini, jadi ini tidak baik,” tambahnya.

    Dengan alasan tersebut saat ini pemerintah Suriname tengah mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan hukum terhadap drama Narco-Saints. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protes diplomatik kepada pemerintah Korea Selatan.

    Hingga saat ini, pemerintah Korea Selatan dan juga pihak produksi drama dari Moonlight Film belum memberikan pernyataan terkait kabar gugatan oleh pemerintah Suriname ini.

    Narco-Saints bercerita tentang seorang pria yang mempertaruhkan nyawanya demi bergabung dnegan misi rahasia untuk menangkap seorang gembong narkoba Korea yang beroperasi di Suriname.

    Drama yang disutradarai dan ditulis oleh Yoon Jong Bin ini dibintangi oleh Ha Jung Woo, Hwang Jung Min, Park Hae Soo, Jo Woo Jin, dan juga Yoo Yeon Seok.

    Drama Korea ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada dua puluh tahun lalu. Narco-Saints diadaptasi dari kisah seorang raja narkoba asal Korea bernama Cho Bong Haeng yang mengoperasikan organisasi perdagangan besar-besaran di Suriname antara akhir 1990-an sampai dengan awal 2000-an.

    Cerita dalam drama yang ditayangkan sebanyak enam episode ini juga diberikan beberapa unsur tambahan untuk mendapatkan efek dramatis lewat sosok gembong narkoba yang berkedok pastor.

    Selain di Pulau Jeju, Korea Selatan syuting drama dilakukan di sejumlah negara termasuk Republik Dominika.

    Editor Team

    COMMENT