Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 24 2021

    How to Survive di Dunia Podcast Saat Kuliah Ala Podcast Campus

    Kawula Muda, siapa nih yang tertarik bikin podcast sambil kuliah?

    Salah satu episode Podcast Campus. (INSTAGRAM/PODCASTCAMPUS)

    Kuliah memang sejatinya merupakan kegiatan wajib yang tidak bisa kamu tinggalkan. Selain karena tanggung jawab kamu terhadap orang tua, ilmu-ilmu di kuliah juga bisa menjadi penunjang karier kamu di masa mendatang.

    Namun, apakah kuliah saja sudah cukup? Hmm, cukup memang relatif, tapi tidak ada salahnya dengan mengikuti kegiatan lain untuk mengembangkan skill dan juga pengalaman.

    Tidak ada yang sia-sia, kok, Kawula Muda. Nantinya, skill atau pengalaman lain inilah yang bisa membuat reputasi kamu semakin bagus di dunia kerja, terlebih lagi untuk kamu yang sangat tertarik dengan dunia podcast.

    "Stay hungry, stay foolish," begitulah pegangan hidup yang pernah diungkap Steve Jobs.

    Memasuki dunia podcast di saat masih menempuh pendidikan tentunya akan menjadi tantangan yang besar, nihNamun, semuanya pasti sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. Relasi, ilmu tentang podcast, hingga cara berkomunikasi secara profesional.

    Pertanyaannya, "Bagaimana cara memulainya?" Nah, untuk kamu yang masih bingung, kamu tidak perlu khawatir, Kawula Muda, karena Podcast Campus punya tips-nya!

    1. Atur Waktu

    Memutuskan untuk berkarier di dunia podcast sambil kuliah, tentunya perlu time management yang baik.

    Time management inilah yang benar-benar berperan penting di dunia profesional nantinya. Dengan mengatur waktu dengan baik, kamu pun bisa melakukan dua kegiatan secara bersamaan, tanpa harus mengorbankan salah satunya.

    Bagilah waktu kamu dengan rinci untuk kuliah dan membuat konten podcast. Percayalah, jika kamu sudah mahir membagi waktu, pasti tidak ada lagi namanya beban dalam dua kesibukan yang tengah kamu jalani.

    2. Terus belajar


    Mencontoh prinsip hidup Steve Jobs dengan terus belajar dan selalu merasa kekurangan adalah salah satu kunci dari keberhasilan, untuk kamu yang baru ingin memulai atau bahkan sudah lebih dahulu terjun di dunia podcast.

    Selalu upgrade skill yang kamu miliki. Selalu mendalami ilmu apapun yang bisa kamu dalami. Dengan begitu, podcast kamu pun juga akan lebih menarik, karena kamu memiliki sudut pandang yang berbeda.

    Podcast kamu pastinya bisa terus bersaing di dunia yang serba dinamis ini. Disela-sela waktu kuliah, misalnya, manfaatkanlah waktu untuk menambah wawasan baru terkait dunia podcast.

    3. Join komunitas

    Memang membuat kanal podcast sendiri terkadang agak sulit. Jika kamu masih minim informasi, pastinya membuat podcast akan menyita waktu yang lebih banyak di awal, terlebih lagi ketika kamu sedang aktif dengan kegiatan kuliah.

    Untuk itu, cobalah untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang bergerak di bidang podcast, bahkan sudah banyak komunitas yang tersebar hampir di seluruh kampus di Indonesia. 

    Bergabungnya kamu dengan komunitas podcast itu tentunya membuat seluruh hasrat dan kemampuan kamu bisa tersalurkan dengan baik.

    Salah satu komunitas podcast kampus pertama dan terbesar di Indonesia, yaitu Podcast Campus, yang menjadi induk dari komunitas podcast yang tersebar seperti UI, UB, UNDIP, UGM dan masih banyak lagi.

    Podcast ini membahas soal segala sesuatu yang terjadi di dalam kampus. Podcast yang disajikan pastinya sangat relate dengan kehidupan kamu di kampus kala itu. Dengan Podcast Campus, rasa rindu kamu dengan rutinitas kampus pun akan terbayar tuntas.

    Jangan lupa untuk stay tune di Instagram @podcastcampus untuk tahu informasi Podcast Campus yang paling up-to-date.

    Jadi makin kangen kuliah, ya, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT