Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 08 2022

    Kena Kasus Lagi? Johnny Depp dan Jeff Beck Tersandung Tuduhan Mencuri Lirik

    Hai Kawula Muda, Johnny Depp kembali diterpa isu enggak enak.

    Johnny Depp dan Jeff Beck tersandung kasus pencurian lirik puisi. (ROLLINGSTONE)


    Nama Johnny Depp sepertinya tak akan pernah jauh dari isu dan pemberitaan. Kali ini, Johnny Depp bersama rekan bermusiknya Jeff Beck, mendapat tuduhan mencuri lirik puisi untuk lirik lagu mereka Sad Motherfuckin’ Parade yang merupakan lagu keempat dari album kolaborasi mereka bertajuk “18”. 

    Dilaporkan pertama kali oleh Rolling Stone, lagu tersebut tampaknya memiliki banyak frasa yang sama dengan puisi berjudul Hobo dari buku Get Your Ass In The Water And Swim Like Me (1974) karya Bruce Jackson. 

    "Aku hanya bisa menemukan dua bait hasil kontribusi Depp dan Beck pada keseluruhan karya tersebut, yaitu 'Big time motherfucker' dan 'Bust it down to my level'. Sisanya diambil melalui karya milik Slim di dalam buku milikku," ungkap Bruce Jackson kepada Rolling Stone pada Kamis (4/8/2022).

    Berikut sepenggal bait puisi Hobo Ben karya Bruce Jackson.

    "Ladies of culture and beauty so refined, is there one among you that would grant me wine?/ I'm raggedy I know, but I have no stink/ And God bless the lady that'll buy me a drink/ Heavy-hipted Hattie turned to Nadine with a laugh/ And said, 'What that funky motherfucker really need, child, is a bath"

    Sementara itu, bunyi lirik pada lagu Sad Motherfuckin' Parade memang mengandung beberapa kata yang sangat mirip dengan bait puisi milik Slim Wilson di atas.

    "I'm raggedy, I know, but I have no stink."

    "God bless the lady that'll buy me a drink."

    "What that funky motherfucker really needs, child, is a bath."

    Tidak ada izin dan kredit nama pencipta

    Jackson mengklaim, Johnny Depp atau Jeff Beck tidak mencantumkan namanya dalam kredit lagu itu. Mereka juga tidak memberitahu dia tentang lirik tersebut. 

    Menurut Jackson, dia hanya menemukan dua baris lirik dari lagu itu yang tidak diambil dari puisi yang dibaca karakter Slim Wilson.

    "Aku tidak pernah menemukan hal seperti ini. Aku telah merilis banyak hal selama 50 tahun, dan ini pertama kalinya seseorang benar-benar mengambil sesuatu dan mencantumkan namanya sendiri di situ," cetus Jackson yang kini merupakan Guru Besar di University of Buffalo.

    Sedangkan Michael Lee, putra Jackson mempertimbangkan membawa masalah ini ke jalur hukum. Michael Lee mengatakan, kredit untuk lagu itu salah karena tidak mencantumkan penulis lirik yang sebenarnya.

    Tudingan dari Jackson itu mendapatkan afirmasi dari seorang pengacara dan profesor hukum Kevin J. Greene. Ia menyetujui pandangan bahwa Depp dan Beck tidak menciptakan lirik lagu tersebut secara mandiri.

    Greene adalah profesor yang dikenal karena advokasinya tentang musik kulit hitam serta hukum hak cipta.

    "Kata-katanya sangatlah mirip, sepertinya mereka benar-benar mendasarkan lagu mereka pada itu [Hobo Ben]," kata Green.

    Di sisi lain, Depp dan Beck belum memberikan respons apapun terkait persoalan ini. 

    Editor Team

    COMMENT