Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 28 2022

    Kris Wu dan Kakek 'Squid Game' Terjerat Kasus Pelecehan Seksual

    Keduanya sudah dalam proses hukum, Kawula Muda.

    Kolase foto Kris Wu dan Oh Young Soo (REUTERS/Mark Blinch/Xavier Collin)


    Mantan member EXO, Wu Yifan atau yang dikenal dengan Kris Wu, didakwa atas kasus pemerkosaan dan pencabulan. Pengadilan China pun memvonis Wu dengan hukuman 13 tahun penjara atas sejumlah tindak pidana.

    Melansir dari Antara dari Associated Press, Senin (28/11/2022), Pengadilan Distrik Chaoyang Beijing mengatakan, Wu dijatuhkan hukuman 12 tahun dan 6 bulan untuk kasus pemerkosaan di 2020. Selanjutnya 1 tahun dan 10 bulan untuk memaksa dua orang wanita terlibat pada pesta seks pada 2018.

    Setelah 13 tahun memenuhi masa hukuman, Wu akan langsung dideportasi dari China ke Kanada, tempat kelahirannya.

    "Keputusan ini dibuat sesuai dengan fakta, serta kondisi, keadaan, dan konsekuensi yang berbahaya dari kejahatan tersebut," terang pengadilan.

    Wu melakukan pemerkosaan pada tiga orang perempuan. Insiden disebut terjadi pada November hingga Desember 2020.

    Kris WuMantan personil EXO, Kris Wu lakukan pelecehan seksual (REUTERS/Mark Blinch)

    "Wu Yifan terbukti memanfaatkan tiga orang gadis dalam keadaan mabuk di rumahnya," terang pihak pengadilan.

    Dikatakan hukuman gabungan 13 tahun telah disepakati dan Wu akan segera dideportasi setelah menjalani hukumannya.

    Enggak cuma itu, melansir dari AP News, Wu juga didenda sebesar 600 juta yuan atau sekitar Rp 1,3 miliar karena menghindari pajak dengan secara besar-besaran melaporkan pendapatannya dari pertunjukan, iklan, dan sumber pendapatan lainnya.

    Kasus ini terungkap pada pertengahan Juni 2021, di mana seorang perempuan bernama Du Meizhu mengaku dilecehkan oleh Kris Wu. Ia menyebut sang penyanyi telah melakukan seksual pada sejumlah perempuan, termasuk yang di bawah umur.

    Kakek 'Squid Game' lecehkan wanita pada 2017

    Oh Young SooAktor Korea Selatan, Oh Young Soo didakwa lakukan pelecehan seksual (REUTERS/Xavier Collin)

    Dengan kasus yang sama, pelecehan seksual, Oh Young Soo didakwa telah melakukan pelecehan seksual karena telah menyentuh tubuh seorang perempuan secara tidak pantas pada 2017.

    Seperti yang diberitakan oleh Allkpop, aktor dari drama Korea "Squid Game" ini, korban dilaporkan mengajukan pengaduan kembali pada Desember 2021, meskipun kasus tersebut ditutup pada April 2022, dan dibuka kembali atas permintaan korban.

    Korban mengajukan banding atas keputusan polisi dan kejaksaan telah menyelidiki kembali kasus tersebut sejak saat itu. Walau demikian, Oh You Soo membantah atas tuduhan adanya pelecehan seksual.

    "Saya baru saja memegang tangannya untuk memandu jalan di sekitar danau. Saya meminta maaf karena (orang tersebut) mengatakan dia tidak akan mempermasalahkannya tetapi itu tidak berarti saya mengakui tuduhan itu," terang Oh Young Soo kepada JTBC, melansir dari Soompi.

    Namun demikian, penuntut menilai bahwa mereka mendapatkan bukti untuk mendukung tuduhan pelecehan dan memindahkan kasus tersebut ke pengadilan.

    Buntut kasusnya, pria 78 tahun ini, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata juga mengumumkan bahwa mereka telah menghapus iklan yang menampilkan Oh Young Soo yang mempromosikan reformasi peraturan pemerintah.

    Gambar dan unggahan dengan sang aktor dihapus dari saluran YouTube pemerintah Korea Selatan dan situs web resmi Kantor Koordinasi Kebijakan Pemerintah.

    Editor Team

    COMMENT