Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 12 2022

    Lewat “Squid Game”, O Yeoung-su Jadi Aktor Korea Pertama Berhasil Raih Golden Globe Awards 2022

    Hai Kawula Muda, kakek Oh Il Nam ini memang keren ya?

    Aktor senior Korea Selatan, O Yeon-su. (TWITTER)

    Kesuksesan serial Squid Game terus melahirkan beragam prestasi, termasuk bagi salah satu pemainnya, O Yeon-su yang baru saja berhasil mendapat penghargaan di Golden Globe Awards 2022.

    Aktor 77 tahun tersebut menang untuk kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series or Motion Picture Made for Television atau Aktor Pendukung Tayangan Televisi Terbaik drama seri.

    O Yeon-su berhasil menyingkirkan nominator lainnya, seperti Billy Crudup dan Mark Duplass (The Morning Show), Kieran Culkin (Succession), dan Brett Goldstein (Ted Lasso).

    Atas prestasinya ini, O pun didapuk menjadi aktor Korea pertama yang berhasil memenangkan penghargaan Golden Globe Awards.

    Popularitas O Yeon-su meroket ketika ia membintangi serial Netflix Squid Game. Di serial tersebut ia memerankan karakter Bernama Oh Il Nam, seorang kakek dengan nomor peserta 001.

    Karakternya di serial yang berhasil meraih berbagai penghargaan tersebut hampir seperti teka-teki, karena terlepas dari sosoknya yang terlihat tua dan lemah, ternyata Oh Il Nam adalah orang di balik permainan Squid Game.

    Sebelum membintangi Squid Game, O sering memerankan karakter seorang biksu. Bahkan dalam perjalanan kariernya di panggung teater selama lebih dari 50 tahun, banyak yang mengira kalau dirinya benar-berar seorang biksu di kehidupan nyata.

    Squid Game(Squid Game/ instagram @netflixkr)

     

    Perjalanan karier O Yeong-su

    O Yeong-su mengawali karier aktingnya di panggung teater pada 1963, bergabung dalam kelompok teater The Square. Ia lalu menjadi anggota Teater Nasional Korea sejak 1987 hingga 2010.

    Aktor kelahiran 1944 tersebut telah membintangi lebih dari 200 produksi teater hingga 2013, di antaranya A Confession for a Black Prostitute, A Streetcar Named Desire, dan The Merchant of Venice.

    O mulai debut serial dan film pada 1998. Ia kerap berperan sebagai biksu karena pengalamannya dalam drama Buddhis.

    O Yeon-su telah membintangi sejumlah drama, termasuk Moon River (2009), The Great Queen Seondeok (2009), God of War (2012), dan Chocolate (2019).

    O Yeong-su juga telah membitangi tiga film sepanjang kariernya, yaitu Soul Guardians (1998), A Little Monk (2002), dan Spring, Summer, Fall, Winter… and Spring (2003).

    Sepanjang kariernya, O telah mendapat sejumlah penghargaan. Di antaranya ia memenangkan penghargaan Baeksang Arts Awards 1994 untuk kategori Best Actor Theater.

    Ia juga memenangkan penghargaan National Theater Association of Korea 2000 untuk kategori Best Actor dan National Theater Association of Korea 2000 untuk kategori Best Actor.

    Editor Team

    COMMENT