Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 06 2022

    Lokasi Syuting “Pengabdi Setan 2” Jadi Tempat Wisata Dadakan, Ini Fakta Menarik Lainnya!

    Kawula Muda, lantai 7 rusun dilarang untuk dimasuki lho!

    Film Pengabdi Setan 2. (TWITTER)

    Kepopuleran film Pengabdi Setan 2: Communion telah membuat lokasi tempat syuting film tersebut langsung jadi tempat wisata dadakan.

    Sejumlah warga beramai-ramai mengunjungi sebuah gedung bekas rumah susun alias rusun yang terletak di kawasan Pasar Sumber Arta Kalimalang, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

    Melansir dari Kompas.com, warga yang datang ke lokasi tersebut mengaku penasaran ingin melihat langsung lokasi syuting film yang saat ini telah ditonton oleh 1 juta penonton setelah dirilis pada 4 Agustus 2022 itu.

    Para warga yang datang ke lokasi tersebut kebanyakan mengambil foto serta selfie dengan latar belakang gedung. Tak hanya datang dari warga sekitar Bekasi dan Jakarta, ada juga warga luar daerah yang merasa penasaran untuk melihat langsung lokasi ini.

    Selain dijadikan tempat wisata dadakan, apa saja fakta menarik dari lokasi syuting film Pengabdi Setan 2 ini? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

    Rusun yang pernah jadi program mantan Presiden SBY

    Lokasi syuting film ini ternyata dulunya adalah salah satu program pemerintah yang dikenal dengan nama rumah susun sederhana milik atau rusunami “1.000 Menara”. Program ini dicanangkan oleh mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY pada 5 April 2007.

    Berlokasi satu kawasan dengan Pasar Sumber Arta Bekasi Barat, rusunami tersebut memiliki 15 lantai. Entah ada permasalahan apa, pembangunan rusunami tersebut mangkrak, tidak diselesaikan, dan dibiarkan terbengkalai hingga 15 tahun lamanya.

    Rusun tersebut tidak dihuni selama 15 tahun

    Pengabdi Setan 2: CommunionAdegan Rini (Tara Basro) berjalan di rusun tempat tinggalnya (YouTube/Rapi Film)

     

    Melansir dari Kompas.com, rusunami yang menjadi tempat lokasi syuting Pengabdi Setan 2 disebut tidak dihuni sejak 15 tahun terakhir. Namun, menurut penjaga rusun, beberapa ruangan di rusun tersebut sempat ditempati oleh perajin bingkai sejak lima tahun terakhir. Selain itu, di lantai 2 rusunami juga ditempati oleh pedagang Pasar Sumber Arta.

    Lantai 7 rusun jadi kawasan terlarang

    Joko Anwar sempat mengungkap bahwa lantai 7 di rusunami tersebut menjadi tempat yang terlarang, karena pernah pernah terjadi suatu insiden yang tidak bisa ia ceritakan.

    Menurut penjaga rusun bernama Slamet, lantai 7 dilarang untuk didatangi karena dulu pernah ada seorang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) datang kesitu dan mengatakan bahwa anaknya diculik dan dibawa ke lantai 7. Selain itu, ada juga mitos-mitos yang berkaitan dengan lantai 7. Takut ada hal-hal yang tidak diinginkan, maka penjaga rusun menganjurkan siapapun untuk tidak naik ke lantai 7.

    Lokasi syuting merupakan rekomendasi netizen

    Setelah 4 bulan lamanya Joko Anwar dan tim mencari lokasi syuting dari Jakarta hingga Bandung, mereka tak juga menemukan lokasi yang pas. Joko Anwar akhirnya meminta bantuan netizen untuk mencari lokasi syuting yang cocok dengan film Pengabdi Setan 2.

    Tak lama, ada salah satu netizen yang menemukan lokasi syuting ini yaitu di rusunami Bekasi. Atas jasanya tersebut, Joko Anwar pun memasukkan nama netizen yang telah membantunya itu di credit title film.

    Kawula Muda, penasaran juga enggak mau melihat lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion ini?

    Editor Team

    COMMENT