Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 18 2021

    Pertama Kali dalam Sejarah, Oscar Menominasikan Dua Perempuan di Kategori Best Director

    Kawula Muda, terobosan keren banget ini ya.

    Daftar nomine sutradara terbaik untuk Piala Oscar 2021. (TWITTER/THE ACADEMY)

    Diumumkannya daftar nominasi Academy Awards (Piala Oscar) 2021 pada 15 Maret 2021 melahirkan beberapa momen bersejarah baru.

    Salah satunya, tahun ini merupakan pertama kalinya Oscar menominasikan dua perempuan sekaligus dalam kategori Best Director (Sutradara Terbaik). Mereka adalah Chloé Zhao yang untuk film Nomadland dan Emerald Fennell untuk film Promising Young Woman.

    Keduanya bersaing dengan David Fincher untuk film Mank, Lee Isaac Chung untuk Minari, dan Thomas Vinterberg untuk Another Round.

    Tidak banyak perempuan yang mendapat nominasi Oscar sebagai sutradara terbaik. Jadi, masuknya dua nama sutradara perempuan sebagai nomine tahun ini menjadi hal yang sangat layak diapresiasi.

    Tahun lalu, kategori ini diisi oleh lima sutradara pria, setelah para sutradara perempuan seperti Greta Gerwig untuk film Little Women, Lulu Wang  untuk The Farewell, dan Marielle Heller untuk A Beautiful Day in the Neighbourhood gagal mendapat nominasi.

    Sebelum ini, hanya ada lima perempuan yang pernah dinominasikan sebagai sutradara terbaik sepanjang sejarah Oscar.

    Mereka adalah Lina Wertmüller untuk Seven Beauties (1976), Jane Campion untuk The Piano (1993), Sofia Coppola untuk Lost in Translation (2003), Kathryn Bigelow untuk The Hurt Locker (2009), dan Greta Gerwig untuk Lady Bird (2017). Di aantara mereka berlima, hanya Kathryn Bigelow yang berhasil memenangi penghargaan.

    Tahun ini, Chloé Zhao memiliki peluang besar untuk menjadi pemenang. Pembuat film asal China itu telah memenangi banyak penghargaan selama satu musim, termasuk sutradara terbaik dari Golden Globe berkat Nomadland.

    Nomadland mendapatkan enam nominasi Oscar tahun ini. Selain kategori Best Director, film tersebut juga dinominasikan sebagai Best Picture, Best Actress, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, dan Best Film Editing.

    Emerald Fennell juga dinominasikan sebagai sutradara terbaik di Golden Globe, namun kalah dari dari Chloé. Untuk Piala Oscar kali ini, dia tidak hanya mendapatkan nominasi sebagai Best Director, melainkan juga Best Original Screenplay untuk Promising Young Woman.

    Editor Team

    COMMENT