Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 19 2022

    Tokoh Asli “Mama Coco” di Film Pixar “Coco” Meninggal Dunia

    Hai Kawula Muda, pernah nonton film animasi Pixar yang judulnya “Coco”?

    Tokoh Asli Mama Coco di film animasi "Coco" meninggal dunia. (TWITTER)


    Film animasi Pixar berjudul Coco yang dirilis pada 2017 berhasil meraih sukses besar dan membuat para penonton jatuh hati pada karakter seorang nenek yang dipanggil Mama Coco.

    Dalam film tersebut Mama Coco adalah nenek buyut Miguel seorang bocah lelaki 12 tahun asal desa fiktif Santa Cecilia di Meksiko yang bermimpi menjadi seorang musisi. Mama Coco digambarkan sudah kehilangan hampir seluruh ingatannya karena usia tua.

    Tokoh yang suaranya diisi aktris Ana Ofelia Murguia ini punya peran penting dalam keseluruhan cerita hingga namanya dijadikan judul dari film Coco. Meskipun, keseluruhan film sebenarnya berpusat pada petualangan Miguel pada hari raya Da de Muertos saat dunia orang hidup dan dunia orang mati terhubung.

    Ternyata, sosok yang menginspirasi karakter Mama Coco dalam film tersebut adalah seorang perempuan Meksiko yang bernama Maria Salud Ramirez Caballero.

    Sayangnya, Maria baru saja meninggal dunia di usia 109 pada 16 Oktober yang lalu. Berita duka tersebut beredar di media sosial Twitter lewat sebuah cuitan milik Roberto Monroy, Sekretaris Pariwisata Negara Bagian Michoacán, Meksiko.

    "Saya sangat sedih dengan meninggalnya Maria Salud Ramirez Caballero, 'Mama Coco' seorang wanita yang tak pernah lelah dan contoh kehidupan yang menjadi inspirasi bagi karakter yang dicintai seluruh dunia. Saya berdoa untuk peristirahatan abadinya dan supaya keluarganya agar diberikan ketenangan," ujar Roberto.

    Banyak fans film Mama Coco yang yakin kalau wajah Mama Coco di kartun, adalah Maria Caballero di dunia nyata. Mereka bahkan membandingkan wajah keduanya.

    Ditambah lagi, pihak keluarga Maria pun menjelaskan bahwa pihak dari Pixar pernah mengunjungi daerah mereka, memotret, hingga tinggal beberapa waktu bersama di rumahnya.

    Sayangnya, pengakuan itu dibantah oleh sutradara Coco, Lee Unkrich di cuitannya.

    "Ini cerita yang tak benar. Karakter Mama Coco tak diambil dari sosok manusia sungguhan yang kami temui di perjalanan kami. Kami membuatnya murni dari imajinasi kami," tulisnya.

    Namun begitu, kepergian Maria tetap menyisakan duka di kalangan penggemar film Mama Coco. Mereka tetap berterimakasih pada Maria yang telah menginspirasi karakter Mama Coco yang mereka cintai.

    Ucapan belasungkawa pun membanjiri kolom Twitter, tak terkecuali penggemar film dari Indonesia.

    Kalau diamat-amati, memang mirip ya tokoh Mama Coco dengan Maria Caballero. Menurut Kawula Muda bagaimana?

    Editor Team

    COMMENT