Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 22 2020

    Tradisi Unik Jomblo Ulang Tahun di Denmark: Diculik, Diikat, dan Disiram!

    Hai Kawula Muda, kalian yang masih jomblo sebaiknya jangan merayakan ulang tahun di Denmark deh.

    Setelah diculik, diikat di tempat umum, jomblo yang sedang berulang tahun akan disiram bubuk kayu manis. (INSTAGRAM/R RUMMEL)

    Bagi yang masih jomblo alias lajang, padahal usia sudah 25 tahun, maka bersiaplah mendapat tradisi unik tapi cukup “memalukan” ini.

    Di Denmark, ada sebuah tradisi merayakan ulang tahun para jomblo yaitu dengan disiram bubuk kayu manis secara beramai-ramai.

    Di negara ini, pria yang belum menikah dijuluki pebersvends (pepper dudes), dan wanitanya disebut pebermo (pepper maiden).

    Proses tradisi perayaanya, pebersvends atau pebermo akan diculik dan dibawa ke halaman atau tempat umum oleh teman-temannya.

    Kemudian ia akan diikat di kursi, di tiang listrik, atau tiang lampu. Setelah terikat, ia akan disiram air atau minyak. Maksudnya agar bubuk rempah kayu manis yang akan dilempari setelahnya bisa melekat ke tubuh si jomblo yang sedang berulang tahun.

    Setelah itu, beramai-ramai teman-temannya menyiram dan melempari dengan bubuk kayu manis. Terkadang, ada juga yang menambahkan dengan melempari telur dan terigu.

    Tak sampai di situ, momen yang cukup “memalukan” itu pun akan diabadikan dan diunggah di media sosial.

    Itu baru untuk yang berulang tahun ke-25. Bagi yang ulang tahun ke-30, biasanya akan lebih ekstrem. Bubuk kayu manis diganti dengan merica (lada).

    Tak hanya itu, sang jomblo harus rela dilempari bubuk kayu manis sepanjang hari sampai ulang tahunnya berakhir pada pukul 24.00. Jadi, selama hari belum berakhir, siap-siap saja akan dilempari lagi dan lagi. Tidak peduli apakah ia sudah mandi dan membersihkan diri.

    Kebiasaan ini konon berasal dari kisah cinta para penjual rempah pada abad ke-16. Karena mereka sibuk berdagang, sehingga tak punya waktu untuk mencari pacar dan berkencan. Mereka pun berakhir dengan hidup sendirian hingga tua dan meninggal dunia.

    Tak ingin terjadi seperti itu, maka dibuatlah tradisi ini. Sebagai pengingat, para jomblo di Denmark harus mencari pasangan.

    JOMBLO DENMARKDi Denmark saat ulang tahun ke-30 masih jomblo, tradisi siram akan lebih ekstem. (INSTAGRAM/SIMONE)

     

    Sebagai kado, teman-teman pebersvend atau pebermo akan memberi hadiah berupa patung yang dirangkai dari tabung besar bekas minyak.

    Duh, terbayang betapa beratnya hari ulang tahun jomblo-jomblo itu ya? Hehe..


    Editor Team

    COMMENT