Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 30 2020

    Viral Penampakan Patung Putih ISI Yogyakarta, Ini Penjelasannya

    Kawula Muda, sebenarnya patung-patung itu akan digunakan untuk pameran.

    Viral Patung Penghuni Baru ISI Jogja. (RADAR JOGJA)

    Media sosial dihebohkan dengan 30 patung berwarna putih yang berdiri tegak menghadap Dekanat Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (FSR ISI) Yogyakarta.

    Keberadaan patung-patung ini membuat merinding orang yang melintas karena berbentuk manusia tanpa muka dengan jubah putih panjang.

    Ternyata, patung-patung tersebut adalah karya dari Purjito, seorang seniman asal Jalan Kranggan Baru, Sleman, Yogyakarta, yang telah membuat lebih dari 200 patung semasa hidupnya. Dia merupakan lulusan Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan menjalani hidup sebagai dosen di sana.

    Purtijo mengatakan, 30 patung yang dijejer itu hanya sebagian dari karya aslinya. Jumlah asli dari patung-patung itu adalah 99 atau 100.

    Mikke Susanto, Dosen Fakultas Seni Rupa (FSR) ISI Yogyakarta ini, menjelaskan bahwa patung-patung tersebut memang sengaja diletakkan di trotoar tersebut. Patung itu rencananya akan diikutkan pameran seni rupa yang digelar 10 Desember 2020.

    "Sebenarnya patung itu belum di-display, hanya saya taruh saja di sana dan itu memang bukan posisinya. Nanti akan ada pameran di kampus pada 10 Desember, begitu sebenarnya," ujar Mikke, Jumat (27/11/2020).

    Dosen sekaligus kurator ISI ini mengaku terkejut saat patung-patung tersebut viral di dunia maya. Karena diletakkan di kampus yang jarang terlihat aktivitas akibat kuliah online, seakan-akan patung itu menjadi penghuni baru di kampus seni tersebut.

    "Awalnya tidak mengira jika akan ramai di media sosial. Rencananya akan saya publikasikan awal Desember, memang saya letakkan di sana, mungkin ada orang yang melihat lalu mendokumentasikan dan dibuat dengan narasi seperti itu (makhluk baru di kampus ISI), sehingga jadi ramai," kata Mikke lagi.

    Meskipun hanya patung, penampakkan karya ini memang cukup bisa bikin merinding sih kalau malam hari.

    COMMENT