Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 26 2022

    20 Bandara Terbaik di Dunia, Soetta Urutan Berapa?

    Hai Kawula Muda, ini penghargaan paling bergengsi untuk industri bandara.

    Ilustrasi suasana bandara. (FREEPIK)

    Baru-baru ini perusahaan pemeringkat penerbangan Skytrax merilis daftar bandara terbaik di dunia tahun 2022. Lebih dari 550 bandara dinilai dan penghargaan diberikan melalui survei yang diisi oleh pelanggan.

    Penghargaan ini merupakan yang paling bergengsi di industri bandara karena dianggap sebagai tolok ukur kualitas untuk industri bandara dunia, termasuk menilai layanan pelanggan dan fasilitasnya.

    Metodologi penilaian yang digunakan dalam survei yakni kenyamanan terminal, fasilitas check-in, ketersediaan taksi, keramahan staf bandara, standar kebersihan, keamanan, dan banyak indikator kinerja lainnya.

    Edward Plaisted dari Skytrax menjelaskan, "Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Bandara Internasional Hamad telah terpilih sebagai Bandara Terbaik Dunia untuk tahun 2022, mengulangi kesuksesan mereka pada tahun 2021."

    Edward juga menambahkan, "Kami mengucapkan selamat kepada semua bandara pemenang penghargaan di sini hari ini, yang dua tahun terakhir sangat sulit untuk mengatasi banyak pembatasan Covid-19 dan penurunan parah dalam permintaan perjalanan. Dengan perjalanan udara yang dengan cepat kembali ke tingkat lebih normal, tantangan bagi semua bandara sekarang adalah memberikan standar tertinggi kepada pelanggan dengan harapan perjalanan yang meningkat."

    BANDARABandara Hamad, Doha, Qatar, terbaik di dunia. (HIA)

      

    Selain Bandara Internasional Hamad, berikut ini 19 bandara lainnya yang masuk dalam 20 besar bandara terbaik menurut Skytrax.

    1. Bandara Internasional Hamad, Qatar
    2. Bandara Internasional Tokyo (Haneda), Jepang
    3. Bandara Changi Singapura
    4. Bandara Internasional Narita, Jepang
    5. Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan
    6. Bandara Paris Charles de Gaulle, Prancis
    7. Bandara Munich, Jerman
    8. Bandara Istanbul, Turki
    9. Bandara Zurich, Swiss
    10. Bandara Internasional Kansai, Jepang
    11. Bandara Helsinki-Vantaa, Finlandia
    12. Bandara Internasional Chubu Centrair Nagoya, Jepang
    13. Bandara Heathrow London, Inggris
    14. Bandara Internasional Dubai
    15. Bandara Schiphol Amsterdam, Belanda
    16. Bandara Madrid-Barajas, Spanyol
    17. Bandara Kopenhagen, Denmark
    18. Bandara Internasional Guangzhou Baiyun, China
    19. Bandara Internasional Wina, Austria
    20. Bandara Internasional Hong Kong

    Dari daftar yang dirilis Skytrax tersebut, sayangnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak termasuk dalam 20 besar bandara terbaik di dunia. Lantas, berada di urutan ke berapakah Bandara Soekarno-Hatta?

    Bandara yang terletak di Banten ini ternyata menduduki posisi ke-51 sebagai bandara terbaik di dunia tahun ini. Peringkat ini turun dari 2021 yang berada di posisi ke-34.

    Namun jangan berkecil hati, meskipun tidak masuk dalam 20 kategori bandara terbaik dunia, Bandara Soekarno-Hatta berhasil menduduki peringkat ke-9 untuk kategori World's Best Airport Staff in Asia 2022.

    Editor Team

    COMMENT