Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 30 2022

    3 Benda Ini Rentan Tularkan Cacar Monyet, Salah Satunya Sikat Gigi!

    Yang penting selalu jaga kebersihan benda pribadi ya, Kawula Muda!

    Ilustrasi cacar monyet (iStock)


    Virus cacar monyet (clade) diketahui dapat menular apabila memiliki kontak langsung dengan ‘ruam’ pasien. Namun, tak hanya hidup di manusia, rupanya virus tersebut dapat hidup dan bertahan di benda loh, Kawula Muda!

    “Poxvirus bisa bertahan di benda dan menulari manusia. Virus ini bahkan bisa bertahan cukup lama, kurang lebih lima belas hari atau lebih,” tutur Arini Astasari, dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin di Bamed Skin Care Pondok Indah, Jakarta, mengutip CNNindonesia pada Senin (29/08/2022). 

    Cacar monyetCacar monyet (Freepik)

     

    Karena itulah, para peneliti dan pakar kesehatan dunia turut menghimbau masyarakat agar tidak menggunakan beberapa benda secara bersamaan. Adapun hal tersebut dikarenakan benda-benda tersebut memiliki kontak secara langsung dengan kulit. 

    Berikut beberapa benda yang rentan terpapar cacar monyet ya, Kawula Muda!

    Kain Linen

    Bahan linen  yang terbuat dari serat tumbuhan diketahui memiliki tekstur bergelombang dengan pori-pori besar. Karena tekstur tersebutlah, virus clade menjadi mudah bersarang di kain jenis tersebut. 

    Oleh sebab itu, apabila terdapat pasien yang telah terkonfirmasi menggunakan barang-barang berbahan linen (misalnya pakaian), pastikan agar kain tersebut dicuci bersih serta diberi disinfektan sebelum menggunakannya, ya Kawula Muda!

    Handuk Mandi

    Handuk mandi memiliki kontak yang sangat dekat dengan kulit. Bagi pasien cacar monyet, besar kemungkinan lesi atau cairan dalam ruam pasien tertempel ke permukaan handuk. 

    Kondisi yang lembap pun berpotensi menjadikan handuk sebagai rumah yang nyaman untuk virus. Karena itu, pastikan untuk mencuci handuk secara teratur serta tidak menggunakannya secara bergantian ya, Kawula Muda!

    Sikat Gigi

    Sama seperti handuk, sikat gigi (dan peralatan mandinya) kerap memiliki kontak dekat dengan kulit. Karena digunakan berkali-kali dan berada dalam kondisi lembap, alat mandi turut menjadi sarang untuk virus cacar monyet yang bertahan lama. 

    Karena itu, jangan lupa untuk mengganti alat mandi secara teratur ya, Kawula Muda! Kemudian, sama seperti handuk mandi, pastikan lo tidak menggunakan alat mandi lainnya secara bersamaan. 

    Itu dia tiga benda yang kerap menjadi sarang virus cacar monyet. Untuk mencegah penularan, pastikan lo tidak menggunakan benda-benda tersebut secara bersamaan ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT