Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 18 2022

    4 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Menyukai Film Horor

    Rasa takut malah membuat kita ketagihan nih, Kawula Muda!

    Ilustrasi banyak orang menyukai film horor. (FREEPIK)

    Film horor akan selalu laris ditonton, apalagi di Indonesia. Tercatat, tiga di antara 10 film terlaris di Indonesia mulai 2017 hingga saat ini adalah film horor. Berdasarkan data dari filmindonesia.or.id, film horor terlaris tersebut adalah ‘KKN di Desa Penari', ‘Danur: I Can See Ghost’ dan ‘Danur: Maddah’. Film-film tersebut ini sendiri nyatanya diangkat dari kisah nyata.

    Melalui data di atas, kerap menimbulkan beberapa pertanyaan terkait mengapa banyak orang yang minat menonton film horor? Kemudian, apa sih yang menyebabkan seseorang kecanduan menonton film horor? Simak penjelasannya berikut ini!

    1. Mencari hiburan dan menangkal kebosanan

    Nonton FilmIlustrasi nonton film. (PEXELS)

     

    Ini salah satu jawaban yang paling umum dan bisa diprediksi. Tentu saja, tujuan orang untuk menonton film adalah agar terhibur. Mungkin sebagian orang yang merasa janggal, bagaimana kita bisa terhibur bisa sepanjang film kita ditakut-takuti. Sehingga hal inilah yang menjadikan penonton film horor menyukai sesuatu yang bisa memacu adrenalin mereka.

    Selain itu, film horor dapat menangkal kebosanan. Dibanding dengan genre lain, jalan cerita dan ending film horor cukup sulit ditebak. Jadi itulah yang menyebabkan sebagian orang menggemari film horor.

    2. Mencari sensasi dan menantang adrenalin

    Film HororIlustrasi sensasi menonton film horor. (zeeindianews.com)

     

    Jika orang lain menantang adrenalin dengan cara melakukan hal-hal ekstrem, seperti terjun payung, bungee jumping hingga panjat tebing, penonton film horor melakukannya dengan cara yang berbeda. Semakin berkeringat, tangan mendingin dan jantung berdebar-debar, justru terasa semakin senang.

    Selain sensasi inilah yang dicari-cari oleh penonton film horor. Menurut laman Zee News, sebagian orang sengaja menonton film horor karena ingin mencari sensasi dan meningkatkan adrenalin. Dorongan adrenalin itu dinikmati karena kita merasa takut sekaligus aman pada saat yang bersamaan.

    3. Sengaja mencari ketegangan dan jump scare

    Film HororIlustrasi jumpscare. (PEXELS)

     

    Jika penggemar film drama sengaja menonton untuk menguras emosi dan air mata, beda lagi dengan penggemar film horor. Mereka justru menyukai ketegangan yang dari film tersebut dan menanti-nanti apakah ada jump scare atau tidak. Rasa ketegangan, cemas dan takut yang dihindari oleh orang lain justru sangat dinikmati oleh mereka.

    Ada tipe penggemar yang justru menyukai jump scare karena bisa membuat mereka berteriak lepas. Teriakan ini membuat mereka lega dan bisa melepas beban yang dimiliki. Selain itu, mereka juga bisa membanding-bandingkan jump scare manakan yang paling seram dari satu film ke film lainnya.

    4. Cara film horor mengungkapkan kejahatan

    Film HororIlustrasi film horor. (ISTOCKPHOTO)

     

    Alasan lain yang membuat seseorang menyukai film horor adalah dari caranya mengungkap kejahatan. Seperti yang kita tahu, di film horor pasti ada sosok yang jadi antagonis, entah itu hantu yang suka meneror manusia atau psikopat keji yang suka membunuh. Sepanjang film, jantung kita akan dibuat berdebar-debar karenanya. 

    Lo termasuk penyuka film horor Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT