Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 26 2022

    4 Anak Bangsa yang Tercatat di Guinness World Record

    Hai Kawula Muda, salut dan selamat ya buat kalian.

    Dominic Brian, pemecah rekor dunia mengingat 76 digit angka dalam 1 menit. (INSTAGRAM/DOMINIC BRIAN)

    The Guinnness Book of World Records atau Guinness World Record merupakan rujukan yang mencatat berbagai pencapaian atau rekor unik yang dilakukan individu, kelompok, atau lembaga.

    Karena levelnya dunia, maka bisa tercatat di lembaga ini merupakan sesuatu yang prestisius. Apalagi kalau rekornya dicapai oleh perseorangan atau individu.

    Dan Indonesia juga punya anak-anak bangsa yang berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Record. Siapa saja mereka?

    Berikut 4 orang Indonesia yang berhasil masuk Guinness World Records:

    1. Rudy Hartono

    Rudy Hartono tercatat dalam Guinness World Records atas prestasinya meraih gelar juara di Turnamen All England sebanyak 8 kali. Dari delapan gelar tersebut, tujuh di antaranya diraih secara berturut-turut pada tahun 1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973, 1974.

    Gelar juara ke-8 diraih pada tahun 1976 setelah mengalahkan rekan senegaranya Liem Swie King di final. Hingga kini, rekor tersebut belum terpecahkan oleh pebulu tangkis manapun di dunia.

    2. Kunto Hartono

    KUNTO HARTONOKunto Hartono, drummer Indonesia pemecah rekor menabuh drum 6 hari 6 malam tanpa henti. (PBS.TWIMG.COM)

     

    Drummer asal Indonesia, Kunto Hartono berhasil mencatatkan namanya dalam Guinness World Records untuk gelar The Longest Marathon Drumming atau penabuh drum terlama di dunia.

    Rekor tersebut diraih Kunto setelah berhasil menabuh drum dalam waktu 122 jam 25 menit atau 6 hari 6 malam tanpa berhenti pada 1 Januari 2012 di kota Malang, Jawa Timur.

    Rekor ini mematahkan rekor dunia sebelumnya yang dipegang oleh Russ Prager, drummer asal Amerika yang berhasil menabuh drum selama 120 jam di Sacramento, AS, pada 14 Maret 2009.

    3. Dominic Brian

    DOMINIC BRIANDominic Brian, pemecah rekor dunia mengingat 76 digit angka dalam 1 menit. (INSTAGRAM/DOMINIC BRIAN)

     

    Remaja kelahiran Surabaya 1996 ini menjadi orang Indonesia pertama yang muncul dalam TV Guinness World Records. Dominic Brian mencatatkan diri sebagai pemegang rekor dunia dalam hal mengingat 76 digit angka dalam 1 menit pada tahun 2009.

    Sebelumnya, Brian juga sempat masuk rekor MURI saat berusia 5 tahun setelah berhasil mengingat 100 angka secara acak dalam 12 menit.  Pada 2008 Brian juga masuk daftar MURI setelah berhasil mengingat 52 buah kartu bridge dalam waktu 100 detik.

    4. Kiromal Katibin

    KIROMAL KATIBINAtlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin. (TWITTER)

     

    Kiromal Katibin mencatatkan dirinya sebagai manusia tercepat di dunia untuk cabang olah raga panjat tebing.

    Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Veddriq Leonardo adalah atlit panjat tebing Indonesia juga yang berhasil memecah rekor panjang 15 m tercepat kategori pria untuk waktu 5,20 detik. Rekor tersebut dicatatkan Veddriq pada ajang International Federation of Sport Climbing Speed World Cup 2021 di Salt Lake City, Utah, AS, pada 28 Mei 2021.

    Rekor ini kemudian dipatahkan oleh atlet Kiromal Katibin dengan catatan waktu yang sangat tipis di bawah rekor Veddriq yaitu 5,17 detik. Kiromal Katibin mencatatkan rekornya tersebut pada ajang kualifikasi World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022 di Seoul, Korea Selatan.

    Editor Team

    COMMENT