Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 15 2021

    5 Cara Mudah untuk Merawat Motor Listrik

    Kawula Muda, udah pada punya motor listrik?

    Motor listrik United E-Motor. (INSTAGRAM/UNITEDMOTOR.ID)

    Pengguna motor listrik memang belum sebanyak motor dengan mesin pembakaran internal. Tentunya, tak sedikit juga yang masih bingung cara merawat motor listrik dengan baik dan benar.

    Meskipun motor listrik memiliki komponen yang lebih sedikit dari motor biasa, perawatan motor listrik tetap dibutuhkan.

    Dilansir dari Carmudian, berikut 5 cara mudah untuk merawat motor listrik:

    1. Jangan Lupa Ganti Van Belt

    Van belt adalah salah satu komponen penting motor untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang agar motor bisa melaju. Umur van belt ini pun bertahan hingga 3.000 km, meskipun tarikan masih terasa enak, van belt harus tetap diganti saat motor telah bepergian hingga 3.000 km.

    2. Jangan Nekat Terobos Banjir

    United E-MotorIlustrasi menunggu genangan air surut. (INSTAGRAM/UNITEDMOTOR.ID)

    Memang motor listrik mengklaim dapat bertahan dalam kawasan banjir di ketinggian tertentu. Untuk berjaga-jaga, lebih baik untuk menghindari banjir di mana pun Kawula Muda berada, ya!

    3. Hindari Mencuci Motor dengan Air Bertekanan

    Meski mencuci motor listrik bisa dilakukan dengan cara mencuci motor umumnya, motor listrik tetap tidak dapat menahan air yang bertekanan. Kanebo dikatakan cukup terutama saat kamu hendak mencuci bagian kolong bodi motor.  

    4. Cabut Baterai Jika Tak Digunakan

    Hampir serupa dengan gadget yang memiliki baterai, mencabut baterai saat motor listrik tidak digunakan dalam waktu yang lama juga menjadi perhatian. Namun, baterai harus dalam kondisi penuh, ya, Kawula Muda. 

    Perawatan ini dilakukan agar menghindari terjadinya self discharge pada baterai.

    5. Perhatikan Sistem Pengereman

    Terakhir, ada sistem pengereman. Tak hanya pada motor listrik, mengecek sistem pengereman juga menjadi hal yang sangat vital dalam berkendara.

    Usahakan melakukan pengecekan setiap dua atau tiga bulan sekali pada kampas rem baik untuk ban depan ataupun ban belakang secara rutin, ya. Gantilah sistem pengereman jika kondisinya sudah menurun.

    Itu dia 5 cara mudah merawat motor listrik, Kawula Muda. Mudah, kan?

    Belum punya motor listrik? Kebetulan, nih, Prambors lagi bagi-bagi motor listrik United E-Motor T1800 secara gratis. Klik link di sini, ya!

    Editor Team

    COMMENT