Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 08 2022

    5 Daftar Fobia yang Umum Dimiliki Manusia

    Sudah tau nama phobia apa yang kawula muda punya?

    Ilustrasi Phobia (Freepik)

    Phobia atau fobia merupakan sebuah jenis gangguan kecemasan atau ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu atau kejadian. Bahkan, di beberapa kasus fobia dapat menyebabkan kepanikan ekstrem.

    Fobia bisa muncul karena bawaan lahir atau karena sebuah kejadian yang membuat trauma.

    Adapun beberapa fobia yang umum dialami banyak orang adalah:

    1. Ophidiophobia

    ULARIlustrasi ular piton di semak-semak. (FREEPIK)

     

    Ophidiophobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap ular. Fobia ini cukup umum diidap oleh manusia, biasanya disebabkan oleh pengalaman pribadi atau pengaruh lingkungan. Meski ular adalah binatang buas, bukan berarti semua orang memiliki fobia ini.

    2. Acrophobia

    Ilustrasi Fobia KetinggianIlustrasi Fobia Ketinggian (Instagram/mustangwanted)

     

    Fobia yang satu ini juga cukup banyak yang mengidapnya, Acrophobia merupakan ketakutan berlebihan terhadap ketinggian, fobia ini juga cukup beragam, dari yang takut ketinggian pesawat, hingga sebuah video yang menggambarkan ketinggian. Penyebab fobia ini bisa dikarenakan  pengalaman traumatis masa kecil, yang akhirnya menjadi ketakutan panjang.

    3. Cynophobia

    ANJINGAnjing, salah satu hewan peliharaan. (FREEPIK)

     

    Cynophobia adalah rasa takut terhadap anjing, meski anjing tergolong hewan yang lucu, beberapa orang ternyata mempunyai fobia terhadap makhluk yang satu ini. Orang dengan kondisi ini merasa terancam jika berhadapan langsung dengan anjing, lebih parah lagi pengidap fobia ini bisa merasakan panik meski hanya melihat gambar.

    4. Astraphobia

    Ilustrasi PetirIlustrasi Petir (Shutterstock)

    Memiliki ketakutan terhadap suara guntur dan petir lumrah kiranya, kondisi ini disebut Astraphobia. Fobia ini paling umum ditemukan pada anak kecil. Orang yang memiliki fobia ini akan berusaha keras untuk berlindung atau bersembunyi ketika mendung atau ada tanda akan muncul petir.

    5. Arachnophobia

    Laba-labaLaba-Laba (Freepik)

     

    Pengidap fobia Arachnophobia memiliki ketakutan yang tidak rasional terhadap laba-laba. Umumnya penderita arachnophobia takut laba-laba disebabkan karena bentuk dan cara berjalan binatang tersebut.

    Dari daftar di atas, ada jenis fobia yang Kawula Muda idap?

    Editor Team

    COMMENT