Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 23 2023

    5 Restoran yang Beri Gaji Tinggi Tukang Cuci Piring, Ada yang Capai Rp 745 Juta

    Kawula Muda, apakah lo tertarik?

    Ilustrasi pekerjaan mencuci piring dengan gaji tinggi (FREEPIK)


    Pekerjaan tukang cuci piring yang kerap dianggap sederhana dan mudah ternyata memiliki gaji atau bayaran yang fantastis di beberapa negara loh, Kawula Muda.

    Membuang sisa makanan yang tersisa, membilasnya dengan air dan sabun sering kali dianggap sebelah mata karena tidak banyak orang yang suka melakukannya. Namun, memiliki pekerjaan gaji tinggi gaji yang besar tidak perlu menduduki jabatan tinggi pula. Pekerjaan mencuci piring ternyata bisa menghasilkan gaji Rp 745 juta dalam setahun, loh!

    Simak lima negara yang mempekerjakan pencuci piring dengan gaji yang fantastis!

    1. Kanada - Rp 754 juta per tahun

    restoran canadaHandi Grill di Kanada, salah satu restoran yang tawarkan gaji tinggi untuk pencuci piring (GOOGLE STREET VIEW)

    Sebuah restoran di Vancouver, Kanada, menghabiskan tiga bulan untuk memikat pekerja pencuci piring baru dengan janji pekerjaan tetap penuh waktu. Menariknya, restoran bernama Handi Grill ini menawarkan gaji sebesar lebih dari 50.000 Dolar AS per tahun atau sekitar Rp 754 juta per tahun, Kawula Muda!

    Ternyata, alasan restoran tersebut menawarkan pekerjaan cuci piring dengan gaji fantastis adalah karena Kanada kekurangan 130.000 pekerja dapur yang jumlahnya dua kali lebih banyak dari sebelum pandemi, mengutip CBC. Wow, fantastis banget ya, gajinya.

    2. Singapura - Rp 479 juta per tahun

    ISHINOMAKI GRILL & SAKE SINGAPORERestoran Ishinomaki Grill & Sake di Orchard Road menawarkan pekerjaan cuci piring dengan gaji tinggi (ISHINOMAKI GRILL & SAKE)

    Faktanya, tidak ada peminat bagi pekerjaan pencuci piring di Singapura sampai restoran ini menawarkan gaji bulanan 3.500 Dolar Singapura atau jika dikalikan, sekitar Rp 479 juta per tahun!

    Restoran Ishinomaki Grill & Sake di Orchard Road lah yang menawarkan pekerjaan ini. Salah satu pemilik, Chen Weixin mengatakan kepada Shin Min Daily News bahwa ia kekurangan orang yang mau melakukan pekerjaan ini karena para pekerja harus menyingsingkan lengan baju dan mencuci piring.

    "Mungkin banyak orang memandang mencuci piring sebagai posisi rendah dan tidak mau melakukannya bahkan ketika ada uang yang harus dihasilkan," kata Chen seperti yang dikutip Asia One dari Shin Min Daily News. 

    3. Amerika Serikat - Rp 383 juta per tahun

    ilustrasi restoran di amerika serikatilustrasi restoran di Amerika Serikat (UNSPLASH)

    Menariknya, di Amerika Serikat (AS), pekerjaan mencuci piring termasuk ke dalam pekerjaan dengan bayaran terendah menurut Data upah nasional dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, mengutip Newsweek.

    Pekerjaan cuci piring berada di peringkat ke-8 pekerjaan dengan bayaran terendah dari 15 pekerjaan yang dilaporkan, yakni sebesar 25.409 Dolar AS atau sekitar Rp 383 juta per tahun. Meski begitu, dengan kuatnya nilai dolar AS, jumlah tersebut dinilai lebih tinggi dibanding gaji pekerja kantoran di Indonesia jika mengikuti kurs rupiah, Kawula Muda.

    4. Malaysia - Rp 126 juta per tahun

    Restoran MalaysiaRestoran TAI ER yang akan buka di Malaysia memasang spanduk bahwa mereka sedang mencari pekerja mencuci piring (FACEBOOK)

    Salah satu berita yang sempat viral beberapa waktu lalu, restoran Cina terkenal, TAI ER, yang menyajikan ikan asam dan pedas diketahui memasuki pasar Malaysia mengutip World of Buzz.

    Menariknya, mereka memasang spanduk yang menuliskan bahwa restoran tersebut sedang mencari pekerja untuk tokonya yang akan segera buka. Di spanduk mereka, disebutkan bahwa mereka sedang mencari pencuci piring dengan gaji 3.000 Ringgit Malaysia per bulan atau sebesar Rp 126 juta per tahun, Kawula Muda!

    5. Indonesia - Rp 144 juta per tahun

    @vincent.hulu #vincenthulu #salam1⚓ #kapalpesiar #pelaut #pelautindonesia #pelautpunyacerita #gajian #gajiantelahtiba @Vincent.Pelaut ♬ original sound - vincenthulu

    Tidak hanya di luar negeri, Indonesia rupanya juga memberikan gaji yang cukup besar bagi pencuci piring, loh. Melansir akun TikTok @vincent.hulu, ia mengungkapkan jika gaji pencuci piring di kapal pesiar termasuk salah satu yang paling rendah, yakni 12-18 juta per bulan. Jika dikalikan, dalam setahun rata-rata gajinya bisa mencapai Rp 144-216 juta, Kawula Muda. 

    Jadi bagaimana Kawula Muda? Besar juga ya, gaji pekerjaan cuci piring di berbagai negara!

    Editor Team

    COMMENT