Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 13 2020

    7 Alasan Mengapa Menangis Sangat Baik untuk Kesehatan

    Kawula Muda, ternyata menangis bisa sebagai detoks bagi tubuh lho!

    Foto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

    Pernah enggak sih kalian menangis? Menangis biasanya jadi salah satu cara untuk mengeluarkan emosi karena sesuatu hal, baik itu karena sedih, tidak bahagia, ataupun karena terlalu bahagia.

    Tetapi, tahu enggak sih kamu kalau menangis itu memiliki sisi positif dan sangat baik untuk kesehatan.

    Berikut ini adalah 7 alasan mengapa menangis sangat baik untuk kesehatan. Disimak ya!

    Detoks alami tubuh

    Menangis ternyata dapat mengurangi hormon kortisol atau hormon stres di dalam tubuh. Meskipun kortisol memiliki beberapa manfaat, orang yang rentan terhadap stres memiliki jumlah kortisol yang lebih tinggi, sehingga sangat berbahaya untuk pikiran dan tubuh.

    Menangis dapat mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, sehingga rasa stres menjadi berkurang. Jadi, kalau kamu sedang merasa stres, cobalah cari tempat untuk menyendiri, lalu menangislah.


    MENANGISFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

    Melepaskan sakit emosional

    Sakit emosional terkadang lebih sulit untuk ditangani dibandingkan sakit secara fisik. Kamu dapat menggunakan obat penghilang sakit untuk menghilangkan rasa sakit fisik, tetapi tidak untuk sakit secara emosional. Orang sering melihat rasa sakit emosional sebagai tanda depresi.

    Salah satu cara alami untuk meredakan sakit emosional adalah dengan menangis. Para ilmuwan telah melakukan penelitian tentang tangisan, yang menunjukkan bahwa menangis dapat melepaskan neurotransmitter di otak yang dapat mengurangi rasa sakit emosional.

    Memiliki efek anti-bacterial

    Para ilmuwan mengatakan bahwa menangis sangat efektif untuk membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh. Mereka mengaitkan sifat anti-bakteri ini dengan enzim bernama lisozim.

    Konon, lisozim dapat membunuh bakteri dalam waktu 15 menit. Jadi jangan khawatir kalau kalian menelan air mata yaa.


    MENANGISFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

    Meningkatkan penglihatan

    Air mata memiliki kemampuan untuk melumasi kelopak mata dan bola mata. Air mata akan otomatis menghidrasi mata kamu.

    Dehidrasi adalah salah satu penyebab umum dari penurunan kualitas penglihatan. Tetapi, air mata secara alami dapat mengatasi masalah ini.

    Air mata juga dapat melembabkan selaput lendir yang ada di dekat mata. Jadi, lain kali kalau mata kamu terasa gatal atau penglihatan tiba-tiba kabur, cobalah menangis sampai mengeluarkan air mata.

    Meningkatkan mood

    Air mata dikenal sebagai antidepresan alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air mata dapat meningkatkan mood seseorang dan membuatnya berpikir positif. Menangis bisa dianggap sebagai teknik untuk menenangkan diri. Jadi kalau kamu sedang merasa khawatir berlebihan atau bad mood, coba deh menangis.


    MENANGISFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

    Meningkatkan sistem imun

    Para ilmuwan telah melakukan eksperimen yang mengungkapkan bahwa menangis berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh. Dikatakan bahwa menangis sangat efektif melawan alergi kulit karena mengatur sekresi immunoglobulin.

    Orang yang rentan terhadap reaksi alergi dapat memiliki sekresi immunoglobulin yang abnormal. Orang dengan eksim dan kelainan terkait kulit lainnya dapat menggunakan tangisan sebagai cara alami untuk mencegah reaksi alergi.

    Orang yang menderita rheumatoid arthritis, penyakit autoimun, merasakan berkurangnya rasa sakit dan gejala lain setelah menangis. Menangis dapat mengontrol sekresi semua jenis bahan kimia yang dapat memperburuk gejala alergi.

    Air mata kaya elektrolit

    Air mata berasal dari kelenjar yang disebut kelenjar air mata. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa air mata akibat menangis memiliki elektrolit dan protein yang berguna untuk tubuh. Beberapa elektrolit yang ada dalam air mata manusia mengandung kalium, natrium, magnesium, seng dan kalsium.

    Air mata juga mengandung protein yang berguna seperti lacritin, lactoferrin, lysozyme dan lipocalin. Jadi lain kali kali kamu menangis, cobalah menyesap air mata, karena elektrolit dan asam amino yang ada dalam air mata baik untuk tubuh. Menyeruput air mata adalah cara paling alami untuk mengonsumsi elektrolit.

    Editor Team