Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 01 2020

    Manfaat Kopi bagi Kesehatan

    Hai Kawula Muda, ternyata minum kopi secara rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho.

    Minum kopi hitam secara rutin bermanfaat bagi kesehatan. (FREEPIK)

    Sekarang semakin banyak alasan buat kita untuk jajan minuman kopi. Selain mengikuti tren kekinian, kopi yang dipercaya dapat menahan kantuk ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

    Namun, minuman yang dimaksud adalah kopi hitam tanpa tambahan krim ataupun gula. Meskipun tambahan kedua bahan tadi tidak langsung menghilangkan manfaat dari kopi.

    Kopi hitam mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, nitrogen, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

    Sejumlah studi menunjukkan bahwa rutin minum kopi ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dan berikut daftarnya.

    Mengurangi risiko depresi dan gangguan fungsi otak

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi risiko depresi dan membantu menjaga kesehatan otak, sehingga mencegah demensia dan stroke.

    Minum setidaknya empat cangkir kopi hitam, menurunkan risiko terkena depresi sebanyak 20 persen. Disarankan untuk mengonsumsi produk kopi yang mengandung kafein tinggi.

    Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

    Mengonsumsi kopi hitam lebih dari secangkir tiap hari selama empat tahun, menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 11 persen.

    Menurunkan risiko terkena penyakit parkinson

    Asupan kopi dengan kafein yang tinggi juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit parkinson dan mampu membantu penderita mengontrol gerakan tubuh mereka.

    Menurunkan risiko terkena penyakit pada organ hati

    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kopi berpontensi menurunkan risiko terkena sirosis (pengerasan organ hati) pada peminum alkohol hingga 22 persen.

    Mereka yang minum kopi dua cangkir atau lebih, dapat mengalami penurunan risiko hingga 66 persen terhadap kematian akibat sirosis.

    Selain itu, meminum kopi juga menurunkan risiko terjadinya kanker hati hingga 40 persen. Mengonsumsi kopi tiga cangkir sehari dapat menurunkan risiko terkena kanker hati hingga lebih dari 50 persen.

    Mempertahankan tubuh tetap langsing 

    Kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori sangat rendah. Sementara itu, kandungan kafein di dalamnya mampu mempercepat metabolisme dan membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Karenanya, minum kopi dipercaya dapat menjaga tubuh tetap langsing.

    Itu tadi beberapa manfaat minum kopi hitam bagi tubuh. Namun, bagi penderita tekanan darah tinggi, penyakit tiroid, asam lambung, kolestorel tinggi, gangguan tidur, atau sedang hamil, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi kopi.

    Ada baiknya konsultasi dengan dokter untuk mengetahui batasan aman mengonsumsi kopi.Enggak seru kan, sedang asyik ngopi tiba-tiba penyakit-penyakit tadi kambuh?

    Editor Team

    COMMENT