Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 26 2022

    8 Negara Ini Dihuni Banyak Orang Indonesia, Negara Mana Sajakah Itu?

    Hai Kawula Muda, kita punya banyak saudara sebangsa di luar negeri nih.

    Ilustrasi orang-orang dari berbagai negara. (FREEPIK)


    Indonesia adalah negara besar dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Dalam laporan Worldmaters, jumlah penduduk Indonesia di tahun 2020 adalah 274,9 juta jiwa.

    Jumlah tersebut akan jadi jauh lebih banyak lagi jika ditambah dengan orang-orang Indonesia yang terdapat di berbagai negara di seluruh dunia. Bahkan, ada banyak negara yang dihuni orang Indonesia dalam jumlah besar.

    Dilansir dari berbagai sumber, berikut negara-negara yang dihuni oleh banyak orang Indonesia.

    Malaysia (2,5 juta jiwa)

    Negara tetangga yang satu ini menjadi negara di urutan pertama yang dihuni orang Indonesia terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 2,5 juta orang Indonesia tinggal di negara ini. Kebanyakan orang Indonesia bermigrasi ke Malaysia untuk bekerja atau kuliah.

    Arab Saudi (1,5 juta jiwa)

    Ada sekitar 1,5 juta orang Indonesia menetap di Arab Saudi. Kebanyakan orang Indonesia tinggal di negara ini untuk bekerja atau berdagang.

    Belanda (395 ribu jiwa)

    Orang Indonesia yang menetap di Belanda ada sekitar 395 ribu orang. Sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia, Belanda memiliki akar sejarah yang kuat dengan Indonesia. Kebanyakan orang bermukim di Belanda untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

    Taiwan (300 ribu jiwa)

    Taiwan termasuk negara yang menjadi tujuan utama tenaga kerja Indonesia. Di negara ini terdapat sekitar 300 ribu orang warga negara Indonesia yang menetap. Jumlah tersebut mendekati 10 persen dari jumlah penduduk Taiwan keseluruhan.

    Singapura (200 ribu jiwa)

    Selain karena kedekatan wilayahnya dengan Indonesia, Singapura juga menjadi tempat destinasi liburan favorit dan tempat mencari nafkah. Ada sekitar 200 ribu warga Indonesia yang menetap di Singapura.

    Hong Kong (102 ribu jiwa)

    Sama seperti Taiwan, Hong Kong juga merupakan destinasi tenaga kerja Indonesia. Terdapat sekitar 102.100 WNI yang tinggal di Hong Kong untuk bekerja. Ada pula yang datang ke negara ini untuk menempuh pendidikan.

    Suriname (15 persen)

    Suriname pada masa penjajahan Belanda menjadi tempat dikirimnya orang-orang Indonesia untuk menjadi buruh tani di sana. Mayoritas orang Indonesia yang dikirim ke sana berasal dari tanah Jawa. Hampir 15 persen dari total populasi di Suriname berisi migran dari Indonesia. Hingga kini, keturunan mereka tetap melestarikan budaya dan identitas asalnya dengan menggunakan bahasa Jawa.

    Australia (1.900 jiwa)

    Sejak zaman dahulu, nenek moyang bangsa Indonesia sudah banyak yang menjelajah benua Australia. Seperti pada 1.900, para pelaut Bugis dengan kapal phinisi rutin melakukan pelayaran ke Australia, bahkan ada yang menetap hingga berbulan-bulan di sana. Hingga kini, ada banyak orang Indonesia yang menetap di Australia. Selain untuk bekerja, sebagian besar mereka juga menempuh pendidikan.

    Editor Team

    COMMENT