Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 11 2022

    Awas, Sering Begadang di Usia Muda Bisa Timbulkan 5 Penyakit Ini

    Kawula Muda, sebaiknya kita tidur malam dengan waktu yang cukup.

    Ilustrasi begadang (UNPLASH)

    Tidak tidur malam atau begadang sering tidak bisa terhindarkan oleh kalangan remaja ataupun dewasa. Alasannya beragam, tidak bisa tidur lebih cepat atau merasa lebih produktif di malam hari.

    Bahkan, beberapa orang yang tidak memiliki aktivitas penting pun, menjadikan begadang sebagai aktivitas yang sulit dihindarkan.

    Ilustrasi begadangIlustrasi begadang (UNPLASH)

     

    Sebenarnya, ada loh dampak yang serius dari begadang jika lo melakukannya dan sudah menjadi terbiasa. Dampak begadang ini bisa saja terjadi saat usia muda.

    Berikut penyakit yang disebabkan oleh begadang:

    1. Gangguan mental

    Memiliki waktu yang cukup saat tidur malam, memberikan konsentrasi yang baik untuk tubuh agar bekerja lebih produktif.

    Akan tetapi, jika seseorang kurang tidur, kemampuan mental akan terganggu. Penderita bisa menderita bipolar, kecemasan, depresi, paranoia, hingga pikiran bunuh diri.

    2. Diabetes dan terkena penyakit jantung

    Bahaya begadang dapat mengganggu sistem daya tahan tubuh tidak berfungsi secara maksimal, sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari penyakit.

    Penyakit akibat begadang yang dapat muncul adalah penyakit kronis, seperti diabetes mellitus dan penyakit jantung, Kawula Muda.

    3. Obesitas

    Dampak yang satu ini bisa terjadi jika begadang dibarengi dengan makan berlebihan tanpa olahraga yang rutin.

    Tidur memengaruhi kadar dua hormon, yaitu leptin dan ghrelin, yang mengatur rasa lapar atau kenyang. Jika kurang tidur, lo akan merasa terlalu lelah untuk berolahraga. Berlarut-larut merasakan hal ini, bisa memiliki dampak obesitas, loh!

    4. Stroke

    Pembuluh darah yang tidak optimal dapat menyerang jika begadang. Inilah yang bisa membuat seorang mendapat penyakit stroke.

    Stroke bisa sembuh salah satunya dengan mengatur waktu tidur dan tidak begadang.

    5. Infeksi saluran pernapasan

    Infeksi saluran pernapasan termasuk salah satu penyakit akibat begadang. Saat lo kurang tidur, hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

    Rentannya masalah pernapasan seperti influenza dan serangan virus lainnya akan menghampiri. Jika seorang memiliki penyakit paru-paru kronis, kurang tidur juga membuat keluhan dan kondisi menjadi lebih buruk.

    6. Penuaan dini

    Wajah akan menimbulkan mata bengkak dan kulit pucat. Selain itu, dapat memicu garis halus pada wajah serta lingkaran hitam di bawah mata.

    Saat kekurangan tidur, hormon kortisol semakin banyak diproduksi dan kolagen pada kulit dapat dipecah. Kolagen adalah protein yang menjaga kulit tetap halus dan elastis. Inilah alasan penuaan dini menjadi salah satu penyakit akibat begadang.

    Editor Team

    COMMENT