Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 12 2020

    Bisa Membeku, Ini 5 Peringkat Negara Terdingin di Dunia!

    Kawula Muda, buat kalian yang suka dengan dingin-dingin, mulai susun liburan ke lima negara ini yuk!

    Musim dingin. (INSTAGRAM/FREEPIK.COM)

    Bicara soal suhu dingin yang ekstrem, tentu kita sebagai orang Indonesia pasti asing dan jarang merasakan hal tersebut.

    Karena Indonesia berada tepat di garis Khatulistiwa dengan iklim tropis, jadi suhunya tidak bisa terlalu dingin juga tidak terlalu panas.

    Daerah yang paling dingin di Indonesia, yakni Distrik Mulia hanya mencapai 9 derajat celcius pada suhu terdinginnya. Itu pun terjadi pada malam hari.

    Lantas, negara mana saja yang dicap sebagai negara dengan suhu terdingin di dunia? Berikut lima peringkat tertinggi negara terdingin di dunia!

    1. Kanada

    Negara yang terletak di bagian utara benua Amerika ini didaulat sebagai yang paling dingin di dunia. Rata-rata suhu di Kanada per tahunnya mencapai -5,35 derajat celcius. Hal tersebut disebabkan karena letak Kanada berdekatan dengan kutub utara bumi.

    Di bagian utara, Kanada berbatasan dengan Alaska, sedangkan di bagian selatan berbatasan dengan Amerika Serikat.

    2. Rusia

    RUSIAWarga merayakan pekan pancake di Rusia. (FREEPIK.COM)

     

    Di Rusia, musim dingin berlangsung lebih lama dibanding musim panasnya. Sebagai negara dengan area paling luas di dunia, kebanyakan wilayah Rusia merupakan kutub.

    Suhu udara terendah Rusia bisa mencapai -40 derajat celcius pada musim dingin dan -30 derajat celcius pada musim panas. Untuk rata-rata suhu di Rusia per tahunnya mencapai -5,10 derajat celcius.

    Tempat terdingin di negara ini berada di Verkhoyansk.

    3. Finlandia

    FINLANDIAFinlandia. (FREEPIK.COM)

     

    Negara 1.000 danau ini memiliki musim salju terdingin di dunia dengan suhu udara terendah bisa mencapai -45 derajat celcius. Namun, berbeda dengan negara terdingin lainnya, Finlandia memiliki musim panas yang hangat.

    Tetapi di bagian paling utara Finlandia, matahari bisa hampir tidak pernah muncul selama dua bulan penuh.

    4. Mongolia

    MONGOLIAMongolia. (FREEPIK.COM)

     

    Meskipun terletak jauh dari lingkaran Kutub Utara dan berada di benua Asia, Mongolia masuk sebagai negara terdingin di dunia. Terutama pada bagian utara Mongolia, musim dinginnya bisa mencapai -30 derajat celcius. Per tahunnya, rata-rata suhu di Mongolia adalah -0,70 derajat celcius.

    5. Norwegia

    NORWEGIANorwegia. (FREEPIK.COM)

     

    Norwegia merupakan negara yang berlokasi di bagian utara Eropa. Daerah bagian utara negara ini terkenal dengan nama Tanah Matahari Tengah Malam. Di daerah ini, matahari tidak tenggelam di musim panas dan tidak terbit di musim dingin.

    Rata-rata suhu di Norwegia per tahunnya yaitu 1,50 derajat celcius.

    Editor Team

    COMMENT