Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 01 2020

    Panen Daging Sapi di Hari Raya Idul Adha, Apa Saja Sih Manfaatnya?

    Kawula Muda, kita lihat yuk apa saja manfaat daging sapi buat tubuh kita.

    Daging sapi. (FREEPIK)

    Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban yang turun setiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan momen bagi seluruh umat Islam di dunia untuk berkumpul menuntaskan rukun Islam yang ke-5, yakni naik haji bila mampu di kota Makkah, Arab Saudi.

    Bagi umat muslim yang belum mampu menjalankan ibadah haji, diberikan kesempatan untuk melakukan ibadah kurban dengan menyembelih seekor sapi atau kambing sebagai bentuk ketakwaan dan rasa cinta yang tinggi kepada Allah yang Mahakuasa.

    Maka tidak heran, saat hari raya Idul Adha, berbagai makanan olahan sapi berlimpah di mana-mana. Lantas, apa saja sih manfaat daging sapi yang baik untuk tubuh?

    1. Kaya kandungan nutrisi

    Tidak hanya memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang lezat, ternyata daging sapi kaya akan nutrisi baik yang sangat berm


     

     

    anfaat untuk tubuh. Dilansir dari doktersehat.com, daging sapi merupakan sumber dari protein, vitamin B3, vitamin B6, fosfor, zinc, selenium, dan vitamin B12.

    Selain itu, daging sapi juga mengandung antioksidan dan zat bioaktif yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan.

    DAGING SAPIDaging sapi. (FREEPIK)

     

    2. Meningkatkan kinerja otot

    Mengandung senyawa carnosine, daging sapi ternyata mampu meningkatkan kinerja otot. Carnosine merupakan senyawa yang dapat terbentuk dalam tubuh karena adanya beta-alanine, yakni asam amino yang ditemukan pada ikan dan daging, salah satunya daging sapi.

    Maka dari itu, mengonsumsi daging sapi akan membuat jumlah kadar carnosine dalam otot semakin meningkat.

    3. Mencegah anemia

    Bagi penderita anemia, yaitu penyakit kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin, ternyata mengonsumsi daging sapi menjadi salah satu ikhtiar untuk penyembuhan.

    Pencegahan anemia dengan mengonsumsi daging sapi memang sudah dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia.

    Beruntung, ternyata hal itu benar adanya. Hal ini dikarenakan banyaknya pigmen myoglobin, sejenis protein dalam darah yang berperan dalam mengikat dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

    Jenis anemia yang paling umum adalah anemia defensiensi besi. Diketahui juga bahwa daging sapi mampu membantu penyerapan zat besi yang berasal dari sumber nabati. Oleh karena itu, makan daging sapi dicap sebagai salah satu cara efektif untuk mencegah anemia.

    DAGING SAPIDaging sapi. (FREEPIK)

     

    4. Meningkatkan sistem imun

    Untuk yang sibuk berkegiatan, mengonsumsi makanan yang penuh gizi dan nutrisi adalah sebuah keharusan.

    Seperti yang telah dijabarkan pada poin pertama, daging sapi mampu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, salah satu manfaat terbaik daging sapi adalah meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun.

    5. Mempercepat penyembuhan luka

    Kolagen sebagai zat yang paling vital dan dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka merupakan salah satu jenis protein.

    Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein demi mempercepat penyembuhan luka, seperti telur, dada ayam, ikan tuna, gandum, dan daging sapi. 

    Editor Team

    COMMENT