Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 17 2022

    Keren! Truk Canggih Ini Bikin Aman Buat yang Suka Nyalip

    Hai Kawula Muda, enggak deg-degan lagi nih kalau mau nyalip truk.

    Samsung Safety Truck. (SAMSUNG)

    Tidak hanya berkonsentrasi pada telepon seluler, inovasi Samsung merambah hingga ke bidang keamanan berkendara.

    Baru-baru ini, Samsung Argentina bekerja sama dengan Volvo mengembangkan teknologi yang akan membantu para pengemudi kendaraan di belakang truk besar untuk tidak sembarangan menyalip truk di depannya.

    Teknologi bernama Samsung Safety Truck ini dikembangkan sejak 2015. Memanfaatkan dua kamera di bagian depan truk, citra tersebut diteruskan ke layar Samsung OHD46D yang berada di bagian belakang truk.

    Hasilnya, pengemudi di belakang truk dapat melihat kondisi di depan truk melalui gambar yang ditampilkan di layar tersebut. Ini membuat pengemudi dapat memutuskan untuk mendahului truk atau menunda karena ada kendaraan yang akan melintas di depan.

    Uji coba

    Teknologi Samsung Safe Truck ini dibuat sebagai jawaban atas tingginya angka kecelakaan di Argentina yang banyak terjadi dijalan dengan dua jalur dan khususnya dalam kondisi menyalip.

    Antusias positif pun langsung datang dari para warganet, terbukti dengan viralnya berita tentang truk canggih ini. Saat ini Samsung tengah menguji coba prototype Safety Trucknya kepada beberapa klien bisnisnya.

    "Teknologinya luar biasa, mampu bekerja dengan baik dan menjaga keselamatan pengendara," kata salah satu klien bisnis Samsung yang telah mencoba Safety Truck.

    Dalam mengembangkan proyek uniknya ini, Samsung tidak bekerja sendirian. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1938 itu menggandeng perusahaan keselamatan mengemudi NGOs dan juga pemerintah setempat.

    "Selanjutnya kami akan mengetes program protokol untuk berkomunikasi," ujar teknisi Safety Truck Samsung.

    Meskipun saat ini Samsung Safety Truck masih berupa purwarupa, tampaknya pengaplikasian teknologi ini secara nyata di dunia transportasi sangat ditunggu masyarakat di seluruh dunia.

    Editor Team

    COMMENT