Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 29 2021

    Canggih! Dubai Akali Suhu Panas dengan Buat Hujan Buatan dari Drone!

    Kawula Muda, selain kemewahannya, kota Dubai ternyata terkenal juga dengan kemajuan teknologinya ya!

    Pemandangan hotel bintang 7, Burj Al-Arab di Dubai. (Letsgo2)

    Dubai tidak hanya terkenal dengan kemewahannya. Perkembangan teknologi di kota “termewah” ini juga tergolong sangat pesat.

    Baru-baru ini, untuk mengakali cuaca panas di kota tersebut, para ilmuwan membuat hujan buatan dengan menggunakan drone yang akan diterbangkan sampai menjangkau awan di langit.

    Setelah mencapai awan, drone ini nantinya akan menembakkan arus listrik ke gumpalan awan. Arus listrik yang ditembakkan itu kemudian akan mengubah muatan listrik yang terkandung di awan sehingga mengumpulkan molekul air yang menciptakan hujan.

    Teknologi hujan buatan dari drone ini dikembangkan oleh para ilmuwan University of Reading di Inggris dengan memanfaatkan dana hibah dari Uni Emirat Arab.

    Teknologi ini juga sudah diuji coba di Dubai dan berhasil. National Centre of Meteorology (NCM) Uni Emirat Arab pun membagikan foto hujan buatan tersebut di akun Facebook resminya.

    Peneliti dari Max Planck Institute sendiri memperkirakan bahwa pada 2050, suhu di bagian Timur Tengah dan Afrika Utara akan mencapai 30 derajat celcius di malam hari dan meningkat sampai 46 derajat celcius di musim panas.

    Dengan suhu sepanas ini, hujan buatan diharapkan dapat membantu menurunkan tingginya suhu di Dubai.

    Editor Team

    COMMENT