Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 15 2021

    Cedera Saat Bersepeda, Bagaimana Mengatasi dan Mencegahnya, Bagian 1

    Kawula Muda, semoga kalian tidak sampai mengalami cedera seperti ini ya.

    Aktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)

    Sama sekali tidak diharapkan, namun cedera saat bersepeda adalah sebuah keniscayaan. Pada suatu waktu pesepeda berada dalam kondisi yang sangat bugar, tapi beberapa menit kemudian menemukan dirinya harus berjuang untuk bisa mengayuh pedal tanpa rasa sakit, atau bahkan terpaksa harus turun dan menuntun sepedanya sambil menahan nyeri.

    Dikutip dari cyclingweekly, berikut ini beberapa masalah umum yang dialami oleh pengendara sepeda dan cara menanganinya.

    Penting untuk diingat, tubuh adalah satu jaringan yang terhubung, dan sebuah gejala mungkin tidak mewakili penyebab sebenarnya. Maka jika cedera terus berlanjut, kalian harus menemui seorang profesional seperti fisioterapis atau ahli osteopati yang dapat membantu mengidentifikasi dan mengobati cedera yang kalian alami.

    1.Cedera karena benturan

    Tabrakan adalah efek samping yang tidak menguntungkan dari bersepeda. Saran yang jelas jika kecelakaan terjadi cukup parah adalah segera mengusahakan pertolongan medis. Bahkan jika tidak ada tulang yang patah, kepala mungkin saja terbentur, dan gegar otak tidak boleh dianggap enteng.

    Salah satu cedera yang paling umum bagi pengendara sepeda setelah mengalami benturan adalah ketegangan di tulang selangka dan kram otot. Kabar baiknya, cedera ini membutuhkan waktu paling lama sekitar enam minggu untuk sembuh.

    Karena cedera ini tak tampak,  pengendara menjadi tak sabar ingin segera kembali bersepeda. Padahal istirahat ekstra, bahkan memeriksakan diri ke fisio sebelum kembali bersepeda sangatlah disarankan.

    Cedera paling ringan yang disebabkan oleh tabrakan adalah luka ruam dan memar di kulit, karena benturan dan tergelincir di sepanjang aspal. Sebisa mungkin membersihkan ruam dengan hati-hati  sebelum menggunakan krim antiseptik yang baik. Jaga luka agar tetap bersih dan kering selama beberapa hari ke depan untuk pemulihan yang lebih baik.

    Dalam hal pencegahan kecelakaan, berkendaralah sesuai batas dan mengambil jalur aman.

    SEPEDA DAN KOPISepeda dan kopi. (FREEPIK.COM)

     

    2. Neri Punggung Bagian Bawah

    Berjam-jam meringkuk di setang, tak heran jika salah satu cedera paling umum yang diderita pengendara sepeda adalah nyeri pinggang. Ditambah banyak dari kita memiliki pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak duduk dan membungkuk menatap layar komputer. Lengkap sudah.

    Sakit pinggang tidak hanya berhenti sampai di situ. Sering kali otot pinggang yang terganggu akan menyebabkan perubahan postur yang dapat berdampak pada area lain.

    Jika kalian menderita sakit pinggang, luangkan waktu untuk beristirahat, regangkan pinggang dan pinggul dan coba gunakan alat pemijat. Jika masalah terus berlanjut, temui profesional seperti ahli osteopati yang dapat menenangkan gejalanya. Kemudian cari tau hal-hal yang bisa mencegah rasa sakit itu datang kembali.

    Hal-hal penting yang perlu diperhatikan adalah:

    - Posisi di sepeda: jika posisi kalian sangat agresif dengan batang panjang dan setang rendah, pikirkan untuk menaikkan posisinya agar mengurangi tekanan.

    - Posisi di luar sepeda: jika kalian bekerja di belakang meja untuk jangka waktu yang lama, atur postur tubuh. Pastikan posisi dan kursi yang kalian gunakan nyaman dan sering-seringlah melakukan peregangan.

    3. Nyeri Lutut

    Lutut adalah sambungan antara tungkai atas dan bawah. Jika ada sesuatu yang tidak bergerak dengan benar, maka posisinya bisa bergeser.

    Mengobati nyeri lutut sering kali melibatkan istirahat, pijatan, dan penggunaan es atau antiradang sebagai pertolongan pertama.

    Nyeri di bagian depan lutut (nyeri lutut anterior) sering kali berasal dari sadel yang terlalu rendah sehingga memberikan tekanan yang tidak semestinya pada patela (tempurung lutut).

    Nyeri di belakang lutut (nyeri lutut posterior) biasanya muncul saat sadel terlalu tinggi, sehingga meregangkan hamstring.

    Nyeri lateral dan medial hadir di bagian samping lutut, dan biasanya disebabkan oleh pemilihan gigi yang salah yang menyebabkan lutut bekerja lebih keras.

    Dalam jangka pendek, pemijatan dan penggunaan pembalut kinesio efektif untuk mengurangi rasa nyeri. Tetapi, sekali lagi  ini adalah contoh untuk mengatasi gejala saja, kalau ternyata ada penyebab lainnya ya harus ditangani oleh ahlinya.

    ...

    Cieee nemu passwordnya untuk 18 Januari 2021! Nah Kawula Muda ini passwordnya ya. Jadi nanti pas ditelepon Prambors jawabnya jangan halo, tapi "PRAMBORS DAN UNITED BIKE, SEPEDA GRATIS SETIAP HARI".

    Kalo nanti jawab halo, kamu otomatis gagal. Tapi, kalo langsung jawab passwordnya, kamu semakin dekat buat dapetin sepeda dari United Bike!!!! Good luck ya!

    Editor Team

    COMMENT

    Ahyad R. M

    Fri, 15 Jan 2021

    Semoga kali ini berhasil telpon aku lagi nama ahyadi ig @_die_adie08 no hp 085691296989

      Juffaliana Putri

      Sat, 16 Jan 2021

      Semoga di tlp

        Ahyad R. M

        Sat, 16 Jan 2021

        Kg di telpon telpon nih no saya 085691296989

          Eliaz

          Sat, 16 Jan 2021

          Bismillah Semoga Jadi Rezeki..kringgg