Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 12 2021

    Mengenal Sepeda Listrik dan Cara Kerjanya

    Kawula Muda, sudah pernah nyobain belum nih?

    Sepeda Listrik (FREEPIK)

    Ketika mendengar sepeda listrik, mungkin di antara kalian ada yang membayangkan semacam skuter atau sepeda motor listrik, padahal  sebenarnya berbeda.

    Tinggal bayangkan saja sepeda biasa yang ditambahkan beberapa komponen kelistrikan seperti motor, baterai, dan pengontrol, yang semuanya terintegrasi mulus ke dalam desain. Jadilah sepeda listrik yang sekarang sudah banyak beredar di pasaran.

    Mengayuh sepeda listrik sama seperti mengendarai sepeda biasa. Adanya komponen listrik dimaksudkan untuk menambah tenaga manusia, bukan menggantikannya sepenuhnya. Hal itu membuat rintangan seperti bukit dan angin sakal lebih mudah diatasi, dan memungkinkan pengendaranya untuk melakukan perjalanan lebih jauh tanpa merasa lelah.

    Kenyamanan dan kualitas komponen sepeda listrik tetap sama pentingnya seperti halnya sepeda biasa. Sama seperti kendaraan lainnya, besar-kecil kapasitas motor, baterai, drivetrain, dan proses pengisian ulangnya kelak akan berpengaruh pada tipe dan harga sepeda.  

    Bagaimana cara menggunakan sepeda listrik?

    Selebritas Simon Cowell, pernah mengalami cedera cukup parah setelah terjatuh dari sepeda listrik barunya. Setelah menjalani operasi dan beristiraha selama enam pekan, Ia berpesan agar selalu membaca buku petunjuk, sebelum mencoba sepeda (listrik) baru!

    SEPEDA LISTRIKSepeda listrik. (FREEPIK)

     

    Sebenarnya sepeda listrik didesain sangat mudah untuk dioperasikan.  Ada tiga mode operasi yang jadi pilihan.

    1. Pedal Only

    Pada opsi ini pengendara bisa mengayuh sepeda listrik kapan saja seperti biasa. Tidak ada hambatan ekstra yang diciptakan oleh motor, sehingga akan terasa persis seperti sepeda biasa. Tergantung pada tipe dan harganya, sepeda ini ada yang dilengkapi dengan 3 gigi, 8 gigi, atau drivetrain internal N360 khusus yang memberi gigi tak terbatas.

    2. Pedal-Assist (Electric-Assist)

    Dalam mode ini, pengendara dapat memanfaatkan gabungan tenaga manusia plus listrik. Begitu menghidupkan mode ini melalui tombol on/off di setang, motor akan secara perlahan memberikan tenaga listrik saat pengendara mengayuh.

    Persneling dapat diganti saat medan berubah, untuk memanfaatkan lebih banyak torsi atau kecepatan yang lebih cepat. Rasanya luar biasa menggunakan mode pedal-assist, karena membuat bersepeda menjadi mudah, meratakan bukit, dan membebaskan pengendaranya untuk menikmati diri sendiri dan pemandangan.

    3. Electric Only

    Mode operasi ini memungkinkan pengendara untuk duduk  beristirahat, dan membiarkan motor melakukan pekerjaannya. Untuk menggunakan mode "hanya elektrik", cukup putar throttle yang terletak di setang kiri dan motor akan masuk mendorong ke depan. Terus putar throttle untuk melanjutkan atau melepaskan jika pengendara siap untuk mulai mengayuh atau ingin berhenti.

    Oh ya, sepeda listrik tidak membutuhkan registrasi atau lisensi khusus sebelum digunakan. Tertarik?

    Cieee nemu passwordnya untuk tanggal 13 Januari 2021! Nah Kawula Muda ini passwordnya ya. Jadi nanti pas ditelepon Prambors jawabnya jangan halo, tapi "TAHUN BARU, SEPEDA BARU DARI PRAMBORS!!"

    Kalo nanti jawabnya halo, kamu otomatis gagal. Tapi, kalo kamu langsung jawab passwordnya, kamu semakin dekat buat dapetin sepeda dari United Bike!!!! Good luck ya!

    Editor Team

    COMMENT

    Intan Rahmawati

    Wed, 13 Jan 2021

    Semoga di telpon ig _die_adie08 no hp,085691296989

      Ahyad R. M

      Wed, 13 Jan 2021

      Semoga di telpon aamiin 085691296989

        Hanifah

        Wed, 13 Jan 2021

        Semoga aku di telpon