Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 21 2022

    Daftar Negara dengan Waktu Sekolah Tercepat di Dunia, Ada yang Cuma 4 Jam!

    Kalo lo biasa sekolah berapa jam sehari, Kawula Muda?

    Ilustrasi siswa yang sedang belajar (UNSPLASH/Eliott Reyna)


    Di Indonesia, seolah menjadi pemandangan biasa melihat anak sekolah berangkat di pagi hari dan pulang ketika petang tiba. Ditambah lagi, ada pula pada siswa yang memiliki jadwal les dan kursus hingga larut malam. 

    Pukul setengah 7 pagi, siswa sudah harus sampai di sekolah untuk waktu berdoa dan membaca pagi. 

    Kemudian pukul 7 hingga 9 pagi belajar matematika, dan langsung dilanjut pelajaran Bahasa Inggris hingga pukul 11 siang. Hal itupun terus berlangsung hingga pukul 4 atau bahkan 5 sore. 

    Namun, beberapa sekolah dengan sistem pendidikan yang lebih maju justru tidak merasakan jam sekolah sepanjang di Indonesia. Ada pula yang hanya bersekolah empat hingga lima jam per harinya, Kawula Muda!

    Berikut beberapa negara dengan jadwal sekolah tersingkat di dunia!

    1. Rusia

    SekolahIlustrasi para siswa yang tengah belajar di sekolah (UNSPLASH/NATIONAL CANCER INSTITUTE)

     

    Penelitian Pew Research Center menemukan bahwa para siswa di Rusia hanya belajar selama 470 jam di kelas per satu tahun ajaran. Di samping memiliki waktu libur yang panjang, mereka juga bersekolah dengan waktu singkat per harinya. 

    Di Rusia, sekolah buka selama lima hari dalam satu minggu. Jam belajarnya pun relatif singkat, yakni dimulai pukul 8 pagi dan selesai pukul 1 siang. Walau terdapat beberapa sekolah yang menyelesaikan pelajaran pukul 2 siang, tetapi mereka memiliki waktu istirahat yang lebih banyak. 

    Di samping itu, waktu liburan di Rusia juga sangat panjang loh, Kawula Muda! Para siswanya memiliki waktu libur sekitar empat bulan selama satu tahun. 

    2. Finlandia

    SekolahIlustrasi seorang siswa yang tengah mendengarkan penjelasan guru di kelas (UNSPLASH/TAYLOR FLOWER)

      

    Disebut memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, sekolah di Finlandia rupanya memiliki jam kelas yang singkat. Biasanya, para siswa datang ke sekolah pada pukul 8 atau 9 pagi, dan selesai pada pukul 1 atau 2 siang. 

    Para siswa pun mendapat waktu istirahat selama 15 menit setelah belajar selama 45 menit. Namun, siswa di negara tersebut berhasil menempati posisi nomor dua di dunia dalam hal membaca, matematika, dan sains. Keren banget ya!

    3. Islandia

    Siswa sekolahIlustrasi suasana belajar di kelas (UNSPLASH/CDC)

     

    Hanya memiliki 170 jam belajar efektif per tahunnya, siswa di Islandia juga memiliki prestasi luar biasa. Mereka menempati urutan ke-13 dalam hal membaca, matematika, dan sains. 

    Sistem sekolah di negara ini pun memiliki sistem yang mirip dengan Finlandia. Para anak-anak berusia 6 hingga 16 tahun di Islandia juga diwajibkan duduk di bangku pendidikan hingga tuntas. Biayanya pun gratis dan ditanggung oleh pemerintah, Kawula Muda! 

    4. Italia

    Siswa sekolahIlustrasi siswa di sekolah (UNSPLASH/CDC)

     

    Pendidikan wajib dikecap oleh anak-anak Italia ketika berumur 6 hingga 16 tahun. Setiap lima hingga enam hari dalam seminggu, mereka biasanya bersekolah dengan durasi lima jam. Adapun durasi tersebut sudah termasuk jam makan siang, loh Kawula Muda! 

    Itu dia beberapa negara dengan jam sekolah tersingkat di dunia. Kalau di sekolah lo belajarnya berapa lama, nih? 

    Walau di sekolah dengan waktu yang relatif lebih lama, untungnya sekolah di Indonesia menawarkan kegiatan keseruan lain salah satunya ekstrakurikuler. Selain itu, lo juga bisa loh seru-seruan bareng Prambors di Mangkal on Skul: Battle of Putih Abu-abu, kuis cerdas cermat antar SMA sederajat yang tayang di on air Prambors dan berhadiah jutaan rupiah. Yuk, ikutan Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT