Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 12 2022

    Dilaksanakan Setiap Tahun, Apa Pentingnya Ospek Mahasiswa Baru?

    Jadi tetap ikut dengan optimal ya, Kawula Muda!

    Ilustrasi orientasi mahasiswa (UNSPLASH/Kalis Munggaran)


    Menjelang masa perkuliahan, istilah Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) hingga Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) tentu tak jarang didengar. Hal itu dikarenakan Ospek merupakan pembuka dunia perkuliahan mahasiswa baru. 

    Mengutip laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ospek merupakan wahana bagi perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru. Adapun hal tersebut merupakan proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa. 

    MAHASISWA KULIAHIlustrasi sekelompok mahasiswa. (FREEPIK)

     

    Karena itu, tentunya banyak hal positif yang bisa lo petik dari rangkaian Ospek yang optimal loh, Kawula Muda! Berikut beberapa di antaranya! 

    Mengenal Teman Baru

    Beradaptasi dengan lingkungan yang jauh berbeda dengan masa sekolah menengah atas tentu bukanlah hal yang mudah. Banyaknya jumlah mahasiswa juga menjadi tantangan tersendiri, terutama karena adanya kemungkinan lo terpisah dengan teman-teman sekolah dahulu. 

    Karena itu, mengikuti orientasi mahasiswa baru tentu menjadi langkah awal yang baik. Selain mendapat teman baru, lo bisa menambah relasi yang mungkin nantinya akan membantu kehidupan kuliah hingga karier lo, loh!

    Mengenal Gedung Kampus

    Lingkungan gedung kampus biasanya jauh lebih besar daripada sekolah. Terlebih lagi, lingkungan kampus yang memiliki banyak pilihan jurusan tentu dapat memiliki banyak gedung serta fasilitas. 

    Karena itu, masa orientasi perkuliahan tentu dapat membantu lo agar tidak tersesat kala mencari kelas saat perkuliahan nanti. 

    Mengenal Sistem Perkuliahan

    Masa orientasi kampus biasanya diisi dengan penjelasan lembaga, organisasi, hingga sistem perkuliahan secara umum. Tak jarang, akan ada pula pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) hingga himpunan kampus nantinya. 

    Dengan begitu, mahasiswa baru dapat mengenal berbagai istilah di masa perkuliahan di kampus masing-masing. Sebut saja sistem KRS, IPK, serta SKS. Dengan mengetahui hal tersebut, tentu akan membantu masa depan akademis kampus lo nantinya. 

    Melatih Kedisiplinan

    Berbagai aturan yang diperkenalkan pada masa orientasi biasanya juga akan berlaku pada masa perkuliahan nanti. Seperti, tidak boleh terlambat pada saat masuk kelas hingga pengumpulan tugas.

    Terlebih lagi, fakta bahwa seorang mahasiswa harus mandiri tentu menjadi faktor yang krusial. Berbeda dengan masa sekolah, kini tidak akan ada lagi guru yang menagih tugas hingga mengingatkan lo akan ujian terdekat. 

    Itu dia beberapa manfaat Ospek yang membuat seorang mahasiswa baru diharuskan mengikuti acara tersebut secara optimal. Karena itu, pastikan lo mengikuti Ospek dengan maksimal, ya Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT