Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 13 2022

    Hati-Hati! Tidur Terus dan Sering Linglung, Bisa Jadi Tanda Ajal Sudah Dekat

    Hai Kawula Muda, jangan tidur melulu ya.

    Ilustrasi orang sedang tidur. (FREEPIK)


    Ajal atau datangnya waktu kematian seseorang, bukanlah sesuatu yang bisa diprediksi. Namun ternyata, tubuh seseorang sebelum meninggal dunia biasanya memberikan sederet tanda yang bisa dikenali orang-orang di sekitarnya.

    Seperti apakah tanda-tanda tersebut? Berikut beberapa tanda seseorang telah dekat ajalnya seperti dilansir dari Medical News Today.

    1. Nafsu makan menurun

    Karena tubuh mulai hanya membutuhkan sedikit energi dibanding sebelumnya, orang yang mendekati kematian menjadi kurang aktif. Karena itu pula, nafsu makan mereka pun berangsur-angsur berkurang.

    2. Menarik diri dari pergaulan

    Karena tingkat energi orang yang sekarat berkurang, mereka mungkin tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk berbaur dengan banyak orang.

    Ilustrasi tidur siangIlustrasi tidur siang. (PIXABAY)

     

    3. Perubahan pada tanda vital

    Seseorang yang mendekati kematian juga umumnya mengalami perubahan pada organ-organ vital. Di antaranya seperti tekanan darah menurun, perubahan pernapasan, detak jantung menjadi tidak teratur, detak jantung mungkin sulit dideteksi, urin mungkin berwarna coklat atau berwarna karat disebabkan fungsi ginjal menurun.

    4. Linglung

    Otak orang yang sekarat mungkin masih sangat aktif. Namun pada banyak kasus, mereka rentan kebingungan dan tidak koheren. Mereka juga seringkali kehilangan memori tentang apa yang terjadi di sekitarnya.

    5. Jarang buang air 

    Lantaran mereka makan dan minum lebih sedikit, orang yang tengah mendekati ajal akan buang air besar maupun air kecil menjadi lebih jarang.

    6. Rebahan atau tidur terus 

    Selain tanda-tanda tadi, rebahan atau tidur terus juga dikaitkan dengan tanda-tanda fungsi tubuh yang melemah. Bahkan dalam sebuah artikel di Healthline, disebutkan sebagai salah satu pertanda ajal sudah dekat.

    Dalam penjelasannya, artikel teresebut menyebutkan bahwa beberapa bulan sebelum seseorang meninggal, sistem metabolismenya menurun. Tanpa adanya suplai yang memadai, tubuh jadi mudah letih dan bawaannya ingin tidur melulu.
    Nah, buat Kawula Muda yang ingin merasakan umur panjang, semangat terus dan jangan lupa menjaga kesehatan.

    Editor Team

    COMMENT