Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 02 2020

    Ini Dia 5 Aneka Ragam Makanan Khas Indonesia, Mana Favorit Kamu?

    Kawula Muda, masakan Indonesia memang patut dibanggakan!

    Ilustrasi makanan khas Indonesia. (UNSPLASH)

    Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia dan penuh dengan cita rasa yang kuat.

    Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.

    Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu dari keanekaragaman rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa, dan gula aren.

    Lalu ada penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan dan tradisi atau adat yang terdapat pula pengaruh perdagangan yang berasal seperti dari India, China, Timur Tengah, dan Eropa (terutama Belanda, Portugis, dan Spanyol).

    Ragam masakannya pun begitu banyak dan rata-rata membuatmu menelan ludah hanya dengan melihat gambar masakannya.

    1. Nasi pecel

    Nasi pecelMakanan khas Indonesia, nasi pecel. (INSTAGRAM/eat.time.story)

     

    Nasi pecel adalah hidangan khas Indonesia dari Jawa berupa nasi yang disajikan dengan pecel. Sayuran yang dipakai biasanya kangkung, kacang panjang, daun singkong, dan daun pepaya. Di Jawa Timur, sering ditambahkan kembang turi. Rasanya lebih nikmat jika dimakan dengan tempe goreng dan cracker tradisional yang biasa disebut peyek.

    2. Rendang

    RENDANGMakanan khas Indonesia, rendang. (INSTAGRAM/segoan_nyai)

     

    Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.

    Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat.

    Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu lebih singkat dan santannya belum mengering serta berwarna coklat terang keemasan disebut kalio.

    Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia.

    Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan acara istimewa.

    Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di sana memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

    Pada 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International. Keren, ya!

    3. Rawon

    rawonMakanan khas Indonesia, rawon. (INSTAGRAM/dapoersikoko)

     

    Rawon adalah makanan khas Indonesia berupa menu berkuah hitam yang di dalamnya ada potongan-potongan daging sapi/kambing, ditambah dengan sedikit sayuran.

    Kuah hitam rawon berasal dari kluwek sebagai bahan campurannya yang sudah diolah terlebih dahulu. Rawon identik dengan masakan khas Jawa Timur.

    Sekarang, untuk menikmati menu Rawon tak perlu harus ke Jawa timur! Kamu bisa temui dan nikmati di mana saja bahkan di mancanegara sekalipun.

    4. Soto lamongan

    soto lamonganMakanan khas Indonesia, soto lamongan. (INSTAGRAM/dapoersikoko)

     

    Soto khas Lamongan, Jawa Timur, ini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Soto Lamongan sedikit berbeda dengan soto lainnya.

    Salah satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut poya. Saat dicampur dengan kuah akan menghasilkan rasa gurih yang khas. Selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.

    5. Kerak telor

    kerak telorMakanan khas Indonesia, kerak telor. (INSTAGRAM/cecekuliner)

     

    Kerak telur adalah makanan asli daerah Jakarta, dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering, ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

    Pada proses penyajiannya, kerak telor yang sudah jadi tadi disajikan di atas piring. Kemudian ditaburi dengan bawang merah dan parutan kelapa yang sudah di sangrai.


    Pada proses pembuatan, kerak telor ini tidak menggunakan kompor untuk memasaknya, namun menggunakan anglo dan arang. Karena apabila menggunakan kompor, keraknya akan mudah gosong.


    Keanekaragaman makanan khas Indonesia ini pastinya bikin bangga kan, sama nih kayak Djarum 76 yang bangga akan keanekaragaman Indonesia salah satunya makanannya dengan membuat campaign #IndonesiaAdalahKita dalam rangka Sumpah Pemuda 2020. Ada juga video commercial tentang #IndonesiaAdalahKita yang pastinya keren banget. Lihat videonya dibawah ini yuk!

    COMMENT