Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 13 2020

    Jangan Pernah Lakukan Ini Saat Berada di Korea!

    Kawula Muda, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang asing, saat berada di Korea. Apa saja ya? Simak yuk.

    View kota Seoul, Korea Selatan. (FREEPIK)

    Setiap negara pasti memiliki aturan dan adat istiadat yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya, termasuk di Korea Selatan.

    Ada beberapa hal yang harus menjadi catatan bagi orang asing yang datang ke Korea, agar tidak terjadi cultural shock alias kejutan budaya.

    Dilansir dari Koreaboo, seorang YouTuber bernama JAYKEEOUT, memberitahu ketiga teman asing-nya, hal-hal yang sebaiknya jangan pernah dilakukan selama berada di Korea.

    Apa saja sih yang enggak boleh dilakukan saat berada di Korea? Simak ulasannya berikut ini ya.

    Tidak boleh cium pipi kanan kiri

    Di Prancis, mencium pipi kanan dan kiri adalah hal yang biasa dilakukan untuk menyambut seorang teman. Namun, lain halnya dengan masyarakat Korea, yang tidak menjadikan hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan.

    Di Korea, untuk menyambut seseorang biasanya dilakukan dengan membungkukkan badan, lalu bersalaman.

    Tidak boleh berpelukan

    Di Jerman, saat seorang teman datang, biasanya akan disambut dengan pelukan. Namun, beda halnya dengan orang-orang di Korea yang memilih melambaikan tangan untuk menyapa.


    PEREMPUAN BERPELUKANFoto ilustrasi. (FREEPIK)

     

    Tidak boleh menggunakan tinta warna merah

    Di Korea, menulis nama menggunakan tinta berwarna merah sangat tabu dilakukan. Hal itu dianggap dapat mendatangkan hal jahat dan kutukan.

    Tidak boleh membuang sampah dalam satu plastik

    Di Mesir melakukan daur ulang sampah bukan menjadi kebiasaan. Sampah biasanya hanya ditempatkan ke dalam satu plastik sampah, tanpa dibeda-bedakan.

    Namun di Korea, mendaur ulang sampah adalah hal yang harus dilakukan dan menjadi kebiasaan. Setiap sampah harus dipilih dan dibedakan sesuai dengan jenisnya, lalu ditempatkan di plastik sampah yang sesuai.

    Tidak boleh menunjuk

    Di Korea, menunjuk seseorang dengan menggunakan jari telunjuk dapat dianggap sangat tidak sopan. Begitu juga dengan menunjuk menggunakan satu tangan.

    Cara terbaik yang dilakukan adalah dengan menggunakan kedua tangan yang terbuka sambil mengarah ke orang tersebut.


    PEREMPUAN MENUNJUKFoto ilustrasi. (FREEPIK)

     

    Aturan minum

    Korea memiliki standar etika tersendiri terkait dengan aturan minum, terutama minuman beralkohol.

    Semuanya tergantung dengan siapa kalian minum. Jika minum bersama orang-orang yang lebih tua, posisi gelas kalian harus lebih rendah. Bahkan agar lebih sopan, kalian dapat menutupi gelas kalian dan berbalik badan untuk minum.

    Tidak ada sepatu

    Satu lagi hal yang perlu diingat saat berada di Korea adalah sepatu enggak boleh masuk ke dalam rumah. Biasanya, di setiap rumah akan disediakan sandal untuk dipakai di dalam rumah.

    Simak video lengkap untuk hal-hal yang enggak boleh dilakukan di Korea, di bawah ini.


    Editor Team

    COMMENT