Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 29 2022

    Kaya dan Miskin Seseorang Bisa Tersirat dari Wajah, Benarkah?

    Hai Kawula Muda, wajah kamu masuk kategori yang mana nih?

    Ilustrasi wajah mencerminkan status ekonomi? (FREEPIK)

    Tidak bisa dipungkiri, wajah selalu menjadi aset penting dalam hidup bermasyarakat. Orang dengan cepat mendapatkan simpati hanya lewat wajah. Bahkan, orang rela melakukan berbagai treatment termasuk operasi plastik hanya untuk menyempurnakan penampilan wajah mereka.

    Dan ternyata, hal tersebut tidak hanya menjadi asumsi semata. Sebuah penelitian yang sudah diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology telah mengungkapkan bahwa kita bahkan bisa mengetahui status ekonomi seseorang hanya dengan melihat wajahnya.

    Menurut R-Thora Bjorsdottir, peneliti yang melakukan penelitian dan riset tersebut, orang yang memiliki uang cenderung lebih bahagia dan tidak cemas, jika dibandingkan dengan mereka yang harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar. Karena itulah, kekayaan seseorang bisa tercermin dari wajahnya.

    WAJAHIlustrasi wajah-wajah. (FREEPIK)

     

    Wajah kaya dan miskin

    Melalui penelitiannya, Bjorsdottir memilih subjek foto hitam putih yang terdiri dari 80 foto pria dan 80 foto perempuan. Foto-foto tersebut menunjukkan sosok dengan ekspresi netral tanpa tindikan atau tato, di mana setengah dari mereka berasal dari kalangan kelas atas dan setengahnya lagi dari kelas pekerja.

    Kemudian foto-foto tersebut ditunjukkan pada subjek penelitian dan mereka diminta menebak kelas sosial dari masing-masing sosok dalam foto. Ternyata, sebanyak 68% subjek penelitian menjawab dengan benar.

    Melalui penelitian lebih lanjut, ditemukan bahwa subjek bisa menebak dengan benar ketika mereka hanya melihat bagian mata dan mulut.

    Berdasarkan hal tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa terjadi kemungkinan karena pola emosi dapat terlihat di wajah seseorang dari waktu ke waktu. Kontraksi otot-otot tertentu dapat menyebabkan perubahan struktur wajah yang dapat dilihat orang lain.

    Jadi, bila kita boleh menyimpulkan dari penelitian tersebut, penting sekali menjaga emosi untuk membuat wajah senantiasa tampak awet muda dan berkelas.

    Editor Team

    COMMENT