Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 06 2022

    Komik Langka “Hulk” Abu-Abu Edisi Perdana Terjual Seharga Rp 7 Miliar

    Hai Kawula Muda, demi koleksi langka angka tak jadi masalah.

    Komik "Hulk" edisi perdana berwarna abu-abu terjual seharga Rp 7 miliar. (COMICCONNECT.COM)

    Baru-baru ini dalam sebuah acara lelang yang diselenggarakan Comic Connect, berhasil menjual edisi perdana komik The Incredible Huk, Hulk #1 di angka setengah juta dolar AS.

    Komik langka yang terbit pada 1962 itu dibeli oleh seorang kolektor pribadi yang tak mau disebutkan namanya, seharga 490 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7,05 miliar.

    Nilai itupun menjadi yang paling mahal dari komik Hulk yang pernah terjual.

    Dalam edisi perdana tersebut, sampul Incredible Hulk memiliki warna asli atau awal abu-abu, bukan hijau yang menjadi ciri khas Hulk.

    Tanpa cacat

    Incredible Hulk #1 yang dibuat oleh Stan Lee bersama Jack Kirby itu mengisahkan asal Hulk, yakni ilmuwan Dr. Bruce Banner terkena sinar gamma beracun kemudian berubah menjadi Hulk saat dia kehilangan kesabaran.

    Vincent Zurzulo, COO ComicConet.com menuturkan, salinan langka penampilan perdana Hulk itu terbilang unik dan jarang dikoleksi.

    “Salinan serial komik Hulk #1 bergradasi tinggi dan sangat sulit ditemukan. Karena alas an kertas murah yang digunakan dan ada noda berwarna abu-abu di sampul depannya,” katanya dilansir CBR, Rabu (5/1/2021).

    Salinan khusus Hulk ini dinilai oleh Certifield Guaranty Company (CGC), layanan penilaian buku komik terkemuka di industri dan mendapatkan nilai pada 9.0 Very Fine/Near Mint.

    Diubah jadi hijau

    HULKMulai edisi kedua, Hulk berubah jadi berwarna hijau. (TWITTER)

     

    Dalam edisi pertama, Hulk ditampilkan dengan kulit abu-abu. Namun, Marvel kemudian mengubah perwarnaan menjadi hijau seperti yang dikenal saat ini pada edisi kedua komik tersebut.

    Hal itu dikarenakan tone abu-abu komik tersebut selalu berubah-ubah disetiap lembar ketika dicetak. Sehingga Marvel memutuskan mengubahnya menjadi hijau.

    “Salinan Hulk No 1 bergradasi tinggi terkenal sulit ditemukan, karena kertas yang digunakan murah dan noda warna abu-abu di sampul depan,” kata Vincet Zurzolo.

    Oleh sebab itu, ia meyakini nilai komik Incredible Hulk #1 akan terus bertambah di masa mendatang.

    Meski Incredible Hulk #1 menjadi salinan termahal yang pernah terjual dalam sejarah komik si pahlawan super hijau, perjalanannya masih panjang untuk memecahkan rekor di semesta komik Marvel.

    Pada September 2021, komik Spider-Man, Amazing Fantasy #15 yang terbit pada 1962 terjual 3,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 47,4 miliar saat itu.

    Editor Team

    COMMENT